Teknologi
Minggu, 1 Maret 2015 - 12:20 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Ponsel 4G Lokal Polytron Dapat Dukungan dari Pemerintah

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan Polytron ZAP 5 (polytron.co.id)

Smartphone terbaru dari Polytron berupa ponsel 4G lokal mendapat dukungan dari pemerintah.

Harianjogja.com, JOGJA- PT Hartono Istana Teknologi yang berbasis di Kudus Jawa Tengah, mendapat dukungan dari Pemerintah agar Polytron membangun perangkat komunikasi 4G yang handal.

Advertisement

Public Relations dan Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi Santo Kadarusman mengatakan, dukungan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara saat berkunjung ke Pabrik Mobile Phone Polytron Kudus. Turut menemani Menkominfo Advisor to Vice Presiden PT Hartono Istana Teknologi Sofyan Wanandi. Kunjungan tersebut juga dihadiri pejabat dan pemilik PT Hartono Istana Teknologi dan PT Djarum yang berlokasi tidak berjauhan.

“Kunjungan terbuka tersebut merupakan dukungan Pemerintah agar Polytron semakin kuat dalam membangun perangkat komunikasi 4G yang handal,” kata Santo melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (27/2/2015).

Menurut Santo, bisnis perangkat komunikasi saat ini memberi peluang yang sangat besar dan menjajikan. Sebab, kebutuhan masyarakat untuk menggunakan perangkat smartphone pasarnya masih besar. Namun, lanjutnya, ada beberapa penghalang industri smartphone dalam negeri bisa berkembang.

Advertisement

“Salah satu batu sandungan bisnis ini adalah belum adanya industri hardware di Indonesia. Ini menyebabkan, sebagian komponen Mobile Phone Polytron masih harus impor dari negara lain,” tambah Santo.

Sementara, General Manager Mobile Phone Polytron Usun Pringgodigdo mengatakan, pihaknya memiliki Research and Development Polytron untuk dapat memproduksi smartphone dengan teknologi 4G LTE pertama di Indonesia.

“Produk Polytron ini telah didaftarkan sebagai perangkat yang memiliki sertifikasi 4G LTE dengan ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 35 persen dan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah dan SGS,” kata Usun.

Advertisement

Divisi R and D tersebut, sambung Usun, juga berperan dalam proses quality control yang juga diterapkan pada smartphone ZAP5 4G LTE terbaru keluaran Polytron. Quality control ini meliputi Safety test, Electronic Reliability, Battery Reliability Test, Mechanical Reliability Test, dan Performance and Functionality Test. ZAP5, lanjut Usun, merupakan perangkat 4G LTE keluaran lokal pertama di Indonesia. Produk ini memiliki world band frekuensi yang dapat digunakan di hampir semua belahan negara di dunia. Mulai dari spektrum frekuensi 800 MHz, 850 MHz, 900 MHz, 1800 MHz, 1900 MHz, 2100 MHz, hingga 2600 MHz.

“Kami berharap, dukungan pemerintah ini mampu meningkatkan infrastruktur dalam penerapan 4G yang lebih mantap. Selain itu, agar hal ini dapat menjadi dorongan sumber daya bagi Indonesia agar lebih menciptakan industri software di sektor perangkat komunikasi”, tutup Santo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif