Otomotif
Minggu, 1 Maret 2015 - 08:45 WIB

SEPEDA MOTOR TERBARU : Yamaha R25 B Versi ABS Selisih Rp6 Juta, Meluncur Senin!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Proses produksi Yamaha R25 (Tmcblog)

Sepeda motor terbaru Yamaha R25 versi ABS siap diluncurkan dengan selisih harga yang tak terlampau jauh.

Solopos.com, JAKARTA – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali bersih-bersih di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pasalnya, lokasi itu akan digunakan sebagai spot peluncuran sepeda motor Yamaha R25 ABS.

Advertisement

Sistem  keselamatan anti-lock breaking system (ABS) Tak terpaut jauh, anggota R Series entry level dengan keamanan ekstra itu dibanderol Rp59 jutaan. Harga itu lebih mahal sekitar Rp6 juta dari harga R25 non-ABS yang berada di angka Rp53 jutaan.

Dikutip Solopos.com dari situs TMCBlog, Sabtu (28/2/2015), YIMM akan meluncurkan sepeda motor Yamaha R25 ABS pada Senin (2/3/2015) pekan depan.

“Udangan masuk lagi ke TMCblog news room dari Yamaha Indoensia. Belum selesai undangan untuk R25 ABS hari Senin di Sentul, hari Selasa Yamaha Indonesia langsung menyambung launching new product di Jakarta,” tulis pemilik situs TMCBlog, Taufik Hidayat.

Advertisement

Mengenai harga resmi, situs nilai jual beli kendaraan bermotor (NJKB) DKI Jakarta menyebutkan sepeda motor Yamaha R25 dijual seharga Rp59 juta on the road (OTR). Jika dibandingkan dengan para rivalnya di kelas yang sama, harga R25 ABS menempati posisi termurah. Pasalnya, Honda CBR 250R dan Kawasaki Ninja 250 dengan fitur ABS dijual pada kisaran Rp61 jutaan.

Perlu diketahui, sistem ABS pada sepeda motor Yamaha R25 merupakan sistem pengereman modern yang mengandalkan sensor pada roda untuk mengontrol putaran saat rem melakukan tugasnya. Sensor itu berbentuk lempengan bulat dengan banyak lubang yang terletak pada disc brake di roda depan dan belakang.

Ketika melakukan pengereman, sensor akan membaca jika ada salah satu roda yang putarannya lebih lambat atau terkunci. Setelah itu, sensor akan langsung mengirimkan sinyal ke Electronic Control Unit (ECU) untuk melepas kekuatan rem secara perlahan supaya ban tidak terkunci. Sehingga sepeda motor Yamaha R25 tetap dapat dikendalikan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif