News
Minggu, 1 Maret 2015 - 18:15 WIB

PELESTARIAN SATWA : Populasi Panda di Tiongkok Naik Pesat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panda (google/fyeahbabypandas.tumblr.com)

Pelestarian satwa khususnya panda di Tiongkok berhasil mendongkrak populasi binatang itu hingga 17%.

Solopos.com, BEIJING – Panda adalah binatang asli Tiongkok yang dilindungi eksistensinya. Populasi panda raksasa di Tiongkok meningkat hampir 17 persen dalam satu dekade.

Advertisement

Menurut State Forestry Administration (SFA) Tiongkok, terdapat 1.864 panda raksasa yang hidup di alam liar pada akhir tahun 2013. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 268 atau sekitar 16,8 persen dibanding hasil survei pada 2003.

Dikutip dari news.xinhuanet.com, Minggu (1/3/2015) luas area habitat panda juga bertambah 11,8 persen menjadi 2,5 juta hektare dibandingkan tahun 2003.

Penerapan serangkaian inisiatif ekologi termasuk program bibit untuk penghijauan serta perlindungan satwa liar telah membantu mendongkrak populasi hewan mamalia tersebut.

Advertisement

Sejumlah area di enam pegunungan Tiongkok yakni Qingling, Minshan, Qionglaishan, Daxiangling, Xiaoxiangling dan Liangshan menjadi habitat panda raksasa liar. Keenam pegunungan tersebut terdapat di Provinsi Sichuan, Shaanxi dan Gansu. Sichuan menjadi “rumah” terbesar dengan populasi panda raksasa liar mencapai 1,347 atau tiga per empat dari jumlah total.

“Peningkatan populasi panda raksasa liar adalah kemenangan bagi konservasi,” kata Wakil Presiden Senior Konservasi Satwa Liar WWF, Ginette Hemley, menyambut peningkatan populasi tersebut seperti dilansir worldwildlife.org.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif