Jateng
Sabtu, 28 Februari 2015 - 03:50 WIB

WISATA TEMANGGUNG : Tak Melulu Alam, Truk Damkar Pun Jadi Objek Wisata Edukasi

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/ David Kurniawan)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/ David Kurniawan)

Wisata Temanggung selama ini identik dengan alam pegunungan. Namun kali ini Pemkab setempat membuka objek wisata baru bagi anak-anak, yakni wisata truk pemadam kebakaran 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Unit Pemadam Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjadi objek wisata edukasi anak-anak TK yang ingin mengenal lebih dekat tugas pemadam kebakaran.

Sebanyak 70 anak TK Al Kautsar Temanggung bersama beberapa guru pendamping, mengunjungi Unit Pemadam Kebakaran di Jalan Pahlawan Temanggung, Kamis (26/2/2015), mereka melakukan simulasi memadamkan api dan dikenalkan berbagai jenis alat-alat pemadam kebakaran.

Advertisement

Setelah mendapat penjelasan berbagai hal tentang pemadam kebakaran dari petugas Damkar, anak-anak diajak berkeliling kota dengan menaiki dua mobil damkar.

Guru pendamping yang juga Wakil Kepala TK Al Kautsar, Sri Yuliani, mengatakan wisata edukasi ke unit Damkar ini dilaksanakan rutin setiap setahun sekali, bertujuan untuk mengenalkan secara nyata berbagai jenis pekerjaan dan profesi yang ada di masyarakat.

Ia mengatakan memilih mengunjungi pemadam kebakaran karena ingin anak didiknya mengetahui secara langsung seperti apa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh api dan bagaimana cara tepat memadamkannya jika terjadi kebakaran.

Advertisement

“Pemadam kebakaran merupakan profesi yang langka dan unik sehingga patut dipelajari secara lebih dalam. Sebelumnya, anak-anak juga kami ajak ke Polres Temanggung untuk mengenal tugas dan profesi polisi,” katanya.

Petugas Damkar DPU Temanggung, Hamim Mustakim, salah satu pembimbing kegiatan tersebut mengaku Unit Damkar sering mendapat kunjungan anak-anak TK, kegiatan seperti ini sangat positif diberikan kepada anak-anak.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif