Teknologi
Jumat, 27 Februari 2015 - 20:35 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Berbekal Rp3 Juta, Mahasiswa Indonesia Ciptakan Sistem Gedung Hemat Listrik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi energi listrik (Antara)

Teknologi terbaru diciptakan seorang mahasiswa Indonesia. Mahasiswa bernama William Alex Ginardy Lie itu telah menciptakan sistem gedung hemat listrik.

Solopos.com, SOLO – Seorang mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, William Alex Ginardy Lie, menciptakan sistem gedung hemat listrik. Teknologi terbaru itu dibuatnya berbekal modal Rp2 juta-Rp3 juta.

Advertisement

Sistem itu dirancang William Alex Ginardy Lie untuk gedung bertingkat. William mengklaim teknologi terbaru ciptaannya itu bisa menghemat energi sampai 5.000 watt.

“Kalau sistem energi dengan prototipe yang saya buat akan menghemat listrik hingga 5.000 watt, jadi mungkin satu dari 10 lantai gedung bisa gratis listrik,” ujar William seperti dikutip dari Antaranews.com, Kamis (26/2/2015).

William memang telah mempelajari potensi gedung bertingkat sebagai bagian dari tugas akhirnya. Menurut dia, gedung bertingkat memiliki potensi energi dari faktor ketinggian. Dikatakannya potensi energi tersebut bisa berupa energi air atau mikro hidro dan energi angin.

Advertisement

William menambahkan kedua energi itu bisa dimodifikasi kembali untuk emmbuat energi baru yang dapat membantu daya listrik. Dia menuturkan dalam membuat sistem itu dibutuhkan kincir angin, pompa, tandon, turbin, dan gearbox.

“Jadi, angin akan memutar kincir, lalu menghasilkan energi yang masuk ke dalam tandon bawah melalui pompa, sehingga menghasilkan energi yang menaikkan air ke tandon atas, lalu air akan meluncur ke bawah dengan menerpa turbin hingga berputar menghasilkan energi dan energi itu dikonversi menjadi listrik melalui gearbox,” papar dia.

Nah teknologi terbaru ciptaan William Alex Ginardy Lie itu akan menghasilkan energi listrik 5.000 watt yang mampu menerangi seluruh ruangan dalam satu lantai mulai dari pukul 18.00 WIb sampai 17.00 WIB.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif