Jateng
Jumat, 27 Februari 2015 - 20:50 WIB

PENGEMBANGAN WISATA MAGELANG : Kesenian Tradisional di Sekitar Borobudur Jadi Unggulan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - TERAPI JIWA MELALUI KESENIAN

TERAPI JIWA MELALUI KESENIAN

Pengembangan wisata Magelang terus digalakkan.  Salah satu upaya adalah menjadikan kesenian tradisional di sekitar Candi Borobduur sebagai kesenian unggulan untuk menambah jumlah wisatawan ke Magelang 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG—Berbagai bentuk kesenian tradisional di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu andalan pemerintah setempat dalam upaya mengembangkan pembangunan sektor kepariwisataan.

“Oleh karena itu kami menginventarisasi kesenian-kesenian rakyat, selain untuk pembinaan dan pelestarian, juga menjadi kekuatan pengembangan kepariwisataan. Kami membentuk paket-paket pementasan kesenian tradisional,” kata Kepala Seksi Kesenian Bidang Kesenian dan Nilai Tradisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Magelang Cholil seperti dikutip Antara, Jumat (27/2/2015).

Advertisement

Ia mengatakan hal itu usai menjadi salah satu pembicara Pelatihan Manajemen Organisasi Kesenian, kerja sama antara Lembaga Seni dan Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, di Pendopo Kampoeng Dolanan Anak Nusantara di Dusun Sodongan, Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur yang dikelola oleh Ketua Lesbumi Kabupaten Magelang Abbet Nugroho.

Disparbud Pemkab Magelang mencatat sekitar 40 bentuk kesenian tradisional dengan 1.600 kelompok atau organisasi yang tersebar di berbagai desa di 21 kecamatan di Kabupaten Magelang.

Pihaknya telah membentuk 24 paket kesenian hasil seleksi dari berbagai kelompok kesenian tradisional di setiap kecamatan, untuk selanjutnya secara bergiliran dan rutin dipentaskan, terutama di Pendopo Mandala, kompleks Tourist Information Centre Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, sekitar 600 meter timur Candi Borobudur.

Advertisement

“Setiap malam minggu ada pementasan kesenian tradisional di Pendopo Mandala TIC, itu hasil seleksi yang baik untuk disuguhkan kepada wisatawan yang menginap di kawasan Candi Borobudur,” katanya.

Berbagai kelompok kesenian tradisional yang terbaik itu, juga mendapat kesempatan mementaskan diri di sejumlah objek wisata andalan Kabupaten Magelang saat musim liburan, seperti Bukit Ketep, Candi Umbul, dan Kolam Renang Mendut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif