Teknologi
Jumat, 27 Februari 2015 - 03:40 WIB

OS SMARTPHONE : Android dan IOS Kuasai Pasar Ponsel

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo android (Dok)

OS Smartphone Android dan IOS diklaim menguasai pangsa pasar smartphone dunia. Total keduanya menguasai 96,3% pasar ponsel pintar

Solopos.com, SOLO – Android dan IOS diklaim telah menguasai pasar smartphone dunia. Beberapa vendor ternama lebih memilih menanamkan kedua Operating System (OS) tersebut pada produk mereka.

Advertisement

Seperti dilansir GSM Arena, Rabu (25/2/2015), sebuah perusahaan pasar riset, IDC, mencatat total keduanya menguasai 96,3% pangsa pasar smartphone diseluruh dunia pada 2014. Tahun sebelumnya kedua OS smartphone itu memperoleh 93,8% pangsa pasar.

Apabila dipisah Android berada di posisi tertinggi dengan 81,5% pangsa pasar di dunia. Jumlah tersebut mengalami kenaikan, karena Android hanya menguasai 78,7% di tahun 2013. Maklum, OS smartphone besutan Google itu sangat populer dan masih menjadi primadona masyarakat.

Sementara IOS malah mengalami penurunan. Tahun 2013 IOS menguasai 15,1% pangsa pasar, sedangkan di 2014 OS Smartphone besutan Apple itu memiliki 14,8% pangsa pasar. Tentu hal tersebut bisa dipahami lantaran IOS hanya digunakan ponsel ciptaan Apple, Iphone.

Advertisement

“Banyak baru yang bermain dalam OS Android, sementara IOS tetap menjadi primadona Apple yang menyasar segmen menengah ke atas,” kata Manajer Riset IDC, Ramon Llamas.

“Faktor lainnya adalah permintaan terhadap produk-produk yang menggunakan kedua OS smartphone itu terus menguat, terutama Android. Apalagi beberapa produk tersedia dengan harga terjangkau dengan spesifikasi tinggi,” imbuh dia.

Adapun sisa penguasaan pasar smartphone dalam hal OS diambil oleh Microsoft Windows Phone dan Blackberry. Microsoft Windows memiliki penguasaan pasar sebesar 2,7% di dunia. OS smartphone tersebut diklaim mengalami pertumbuhan kecil tiap tahun. Sedangkan Blackberry terus mengalami penurunan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Android Ios Os Smartphone
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif