News
Jumat, 27 Februari 2015 - 06:20 WIB

KAMPUS JOGJA : UMY Gandeng Universitas Thailand untuk Riset

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kampus Jogja, Pascarsarjana UMY menjajaki kerja sama dengan Khon Kaen University, Thailand.

Harianjogja.com, BANTUL-Program Pascarsarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggandeng Khon Kaen University Thailand melakukan penelitian bersama.

Advertisement

Direktur Pascasarjana UMY, Achmad Nurmandi mengatakan kerja sama dimulai pada tahun 2016. Penelitian difokuskan pada empat hal.

“Yakni mengenai masalah hukum, pemerintahan yang terkait dengan manajemen konflik, pendidikan, dan kesehatan. Kerja sama ini akan melibatkan dosen dan mahasiswa pascasarjana. ,” ujarnya saat ditemui di sela-sela diskusi antara dosen-dosen UMY dengan Khon Kaen University, seperti rilis yang Harianjogja.com, terima Rabu (25/2/2015).

Ke depan, kata dia, riset ini berlanjut hingga joint publication. Dengan harapan, penelitian yang sudah dilakukan Khon Kaen dan UMY dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah keduanya.

Advertisement

Nurmandi juga berharap dapat melakukan student exchange atau staff exchange. Dengan tujuan meningkatkan mobilitas antara dosen dan mahasiswa dari kedua universitas.

“Apalagi menjelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini. Mahasiswa tidak hanya harus tahu tentang negaranya sendiri, tapi juga tentang negara lain, khususnya negara-negara ASEAN. Selain itu juga agar mereka bisa saling bertukar ilmu tentang negaranya masing-masing. Misalkan saja, jika mahasiswa Thailand belajar bahasa Indonesia ke Indonesia, maka kita juga ingin ada mahasiswa kita yang belajar bahasa Thailand ke Thailand,” paparnya.

Kepala program pascasarjana Khon Kaen University, Surasakdi Wongratanacheewin berharap kerja sama yang akan terbentuk antara pascasarjana Khon Kaen University dengan pascasarjana UMY dapat berjalan baik dan maksimal.

Advertisement

“Selain rencana research collaboration, nantinya kami juga akan memberikan informasi beasiswa kepada mahasiswa pascasarjana di sini. Kami harap kerjasama ini akan berjalan dengan baik dan maksimal untuk mendukung suasana akademik kampus,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif