Otomotif
Jumat, 27 Februari 2015 - 20:55 WIB

BURSA MOBIL : Yamaha Luncurkan Mobil Listrik Hemat Energi, Penasaran?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha Motiv, prototipe mobil listrik Yamaha (Topgear.com)

Bursa mobil Eropa tak lama lagi akan diramaikan dengan hadirnya mobil listrik hemat energi besutan Yamaha.

Solopos.com, TOKYO – Tak puas dengan bermain kendaraan roda dua, Yamaha Motor Corporation juga ingin bermain di bursa mobil. Keseriusannya itu dibuktikan dengan selalu menghadirkan mobil prototipe mereka di berbagai ajang pameran otomotif di Jepang.

Advertisement

Raksasa sepeda motor asal Jepang, Yamaha sudah sejak empat tahun lalu melakukan riset untuk memantapkan langkahnya di bursa mobil.

Setelah muncul beberapa kali di pameran otomotif membawa mobil prototipe bernama Yamaha Motiv, kini perusahaan berlambang garpu tala itu mengumumkan akan meluncurkan mobil perdana mereka untuk pasar Eropa tak lama lagi.

Dilansir Antara, Jumat (27/2/2015), mobil perdana ciptaan Yamaha rencananya akan diluncurkan di Eropa paling lambat tahun 2019.

Advertisement

Jika melihat spesifikasi dalam setiap pameran otomotif yang dihadiri Yamaha, mobil baru itu merupakan mobil hybrid bermesin listrik-bensin 1.000 cc tiga silinder.

Yamaha mengatakan, keputusannya untuk bermain di bursa mobil adalah untuk menjawab banyaknya permintaan mobil hemat energi. Sesudah mobil protortipe itu, nantinya Yamaha akan mendirikan pabrik mobil di tahun berikutnya.

“Mengingat kendaraan kecil sudah umum di Eropa, maka peluncuran kendaraan pertama kami akan dilangsungkan di sana. Namun kami juga tengah mempelajari peluang pasar di negara-negara berkembang,” ungkap juru bicara Yamaha Motor Corporation.

Advertisement

Mengenai teknologi mobil listrik yang diusung, Yamaha diperkirakan bekerja sama dengan raksasa mobil Toyota. Hal itu bukanlah hal baru karena kedua produsen otomotif itu memang berteman akrab dan telah menciptakan banyak teknologi mutakhir.

Salah satu hasil dari kerja sama Toyota dan Yamaha adalah teknologi katup VVT-I yang dipakai pada seluruh mobil Toyota. Sedangkan pada sepeda motor Yamaha, teknologi itu diberi nama VVA.

Selain Toyota, produsen mobil yang kemungkinan berpengaruh terhadap keputusan Yamaha untuk bermain di bursa mobil adalah produsen mobil asal Italia, Abarth. Produsen berlambang kalajengking itu merupakan kawan lama Yamaha yang selalu menemani di setiap ajang balap Motogp.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif