Otomotif
Kamis, 26 Februari 2015 - 08:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Inilah Alasan RX King Masih Digandrungi Biker

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Poster iklan Yamaha RX King (Tmcblog)

Sepeda motor Yamaha RX King merupakan kendaraan produksi 1980-an yang masih dapat dijumpai di jalan raya dan populer dikalangan biker hingga saat ini.

Solopos.com, JAKARTA – Meski termasuk kendaraan lawas, sepeda motor Yamaha RX King rupanya masih digandrungi oleh beberapa pengendara motor (biker). Alasannya beragam, mulai perawatan yang mudah hingga suku cadang yang melimpah.

Advertisement

Meski teknologi otomotif telah berkembang pesat hingga menghadirkan teknologi 4-tak dan injeksi bahan bakar, beberapa biker masih memilih menggunakan kendaraan keluaran lawas. Salah satu kendaraan 2-tak zaman dulu (jadul) yang masih populer hingga saat ini adalah sepeda motor Yamaha RX King.

Dihimpun Solopos.com dari Liputan6 dan berbagai sumber, Rabu (25/2/2015), RX King merupakan sepeda motor Yamaha yang hadir di Indonesia sejak 1980-an. Pada masanya, kendaraan itu terkenal dengan suara khas knalpotnya yang menggelegar. Tak hanya gahar dari segi suara, sepeda motor itu juga memiliki desain yang maskulin dan akselerasi yang galak dan kencang. Dengan tipe mesin 2 langkah dan volume silinder 132 cc, motor ini mampu hasilkan tenaga sebesar 18,2 hp pada putaran 9.000 rpm.

Selain urusan mesin, hal lain yang membuat sepeda motor Yamaha RX King tetap diminati adalah perawatannya yang cukup mudah. Hampir semua bengkel mampu memperbaiki kendaraan yang masih menggunakan oli samping itu.

Advertisement

“Meskipun itungannya motor lama, hampir semua bengkel bisa memperbaiki RX King kalau terjadi kerusakan,” ujar Aris, salah satu biker pengguna RX King.

Lebih lanjut, Aris juga menjelaskan suku cadang sepeda motor Yamaha RX King juga masih mudah dijumpai. Bagi biker yang hobi menjelajah pasar onderdil, suku cadang RX King dengan berbagai kondisi tersedia melimpah baik yang asli maupun versi after market.

Karena masih banyak digandrungi para biker, tak heran harga sepeda motor Yamaha RX King di pasaran masih cukup tinggi untuk ukuran produk lawas.

Advertisement

“Para pembeli atau pemilik RX King saat ini kebanyakan terdiri dari para penghobi. Biasanya, pembeli mencari RX King yang kondisinya masih orisinil baik bodi atau mesin,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di situs jual beli online OLX untuk wilayah Jawa Tengah, sepeda motor Yamaha RX King hingga saat ini masih dibanderol mulai Rp5 jutaan hingga Rp14 jutaan.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, selain sepeda motor Yamaha RX King, kendaraan keluaran lawas yang juga masih populer di kalangan biker adalah Honda C70 yang juga dijuluki Si Pitung oleh para penggemarnya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif