Otomotif
Kamis, 26 Februari 2015 - 10:55 WIB

SEPEDA MOTOR HONDA : Inilah 3 Motor Ikonik Honda Sepanjang Masa

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda Super Cub (gearpatrol.com)

Sepeda motor Honda Super Cub, CB77 dan CB750 memiliki garis desain yang memengaruhi Honda dalam mengembangkan produk-produk teranyarnya.

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor Honda Super Cub, CB77 dan CB750 merupakan kendaraan legendaris besutan produsen motor asal Jepang, Honda. Legendaris karena ketiga motor itu menjadi acuan Honda dalam menciptakan produknya hingga saat ini.

Advertisement

Di Indonesia, banyak sekali dijumpai varian sepeda motor Honda lansiran lawas hingga produksi teranyar. Namun tahukah Anda bahwa kendaraan roda dua besutan Honda yang beredar saat ini merupakan hasil pengembangan dari motor-motor lawasnya?

Dikutip Solopos.com dari Gearpatrol, Sabtu (24/1/2015), berikut ini adalah tiga motor ikonik produksi Honda yang mengispirasi desain kendaraan pada era selanjutnya.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Gearpatrol, Sabtu (24/1/2015), berikut ini adalah tiga motor ikonik produksi Honda yang mengispirasi desain kendaraan pada era selanjutnya.

Honda Super Cub

Sepeda motor Honda Super Cub merupakan kendaraan terpopuler di dunia. Meski saat ini hampir seluruh kendaraan dibekali berbagai fitur modern, namun kendaraan minim fitur yang telah diproduksi sejak 55 tahun lalu itu rupanya masih dicintai para penggemarnya.

Advertisement

Honda CB77

Honda CB77 (gearpatrol.com)

Sepeda motor Honda CB77 disebut-sebut sebagai cikal bakal keluarga motor sport Honda, CBR Series. Sepeda motor ini didukung oleh mesin dua silinder dengan volume silinder 305 cc.

Advertisement

Dijelaskan, CB77 memiliki rangka yang terbuat dari pipa baja hingga mampu menopang bobot dua kali lipat dari sepeda motor sejenis. Dibandingkan para pesaingnya di kelas yang sama, Honda CB77 memiliki bobot yang paling ringan sehingga performanya pun lebih terasa.

Honda CB750

Honda CB750 (gearpatrol.com)

Advertisement

Pada 1969, Honda meluncurkan sepeda motor Honda CB750 yang dibekali mesin empat silinder segaris. Jika CB77 disebut cikal bakal motor sport, maka CB750 merupakan cikal bakal motor kelas superbike. Kendaraan dengan bodi bongsor itu diklaim mampu diajak ngebut hingga kecepatan 193 km/jam.

Pada tahun itu, sepeda motor Honda CB750 itu merupakan salah satu taktik pendiri Honda, Soichiro Honda untuk menggebrak pasar otomotif roda dua di negeri Paman Sam.

Saat diperkenalkan, superbike lawas itu telah mengusung fitur modern yang saat itu masih jarang dijumpai. Fitur itu antara lain, rem cakram pada roda depan, electric starter, serta penggunaan overhead camshaft.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif