News
Kamis, 26 Februari 2015 - 12:55 WIB

AGENDA WAPRES : JK Tegaskan Pendapat Papua Tidak Aman Keliru

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

Agenda Wapres Jusuf Kalla hari ini menghadiri Kongres KNPI di Jayapura Papua.

Solopos.com, JAYAPURA  – Papua disebut-sebut sebagai daerah yang sangat jauh dari jangkauan dan terkesan tidak aman. Namun pandangan itu dibantah oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Advertisement

“Ada yang bilang begitu. Saya bilang tergantung darimana lihatnya, Papua dekat Maluku, Makassar, Manado, seolah-olah Indonesia itu hanya Jakarta. Ada kekeliruan berpikir,” kata Jusuf Kalla, saat menyampaikan materi “Solidaritas Pemuda Memperkokoh NKRI” pada Kongres XIV KNPI, di Jayapura, Papua, Kamis (26/2/2015).

Hadir dalam acara itu antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Gubernur Papua Lukas Enembe, serta Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko.

Kalla mengungkapkan situasi dan kondisi di Papua relatif sama dengan daerah lainnya di Indonesia, seperti kehidupan bermasyarakat yang aman dan damai.

Advertisement

Situasi aman damai yang ditemui di Papua itu, disebutnya sebagai kondisi yang tidak sesuai dengan anggapan pihak tertentu.

“Ternyata Papua sama amannya dengan daerah lain,” ujar JK.

Lebih lanjut, JK menekankan pentingnya peran pemuda dalam memajukan bangsa Indonesia, melalui berbagai aktivitas yang mengarah kepada persatuan dan kesatuan, termasuk di Tanah Papua.

Advertisement

Menurut dia, pemuda yang tergabung dalam KNPI harus mempunyai visi yang lebih jelas lagi.

“Kalau setiap pimpinan KNPI berpikir politik, menjadi gubernur dan anggota DPR/DPRD, bupati, atau menteri, maka pasti akan hancur [potensi perpecahan],” ujar dia.

Seusai menyampaikan materi kepada peserta Kongres KNPI, Wapres bertolak ke Ambon, Provinsi Maluku, guna menghadiri rapat asosiasi pemerintahan provinsi Se-Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif