Jateng
Rabu, 25 Februari 2015 - 00:50 WIB

LAYANAN KERETA API : PT KAI Purwokerto Tambah 16 Perjalanan KA Reguler

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Layanan kereta api terus ditingkatkan PT KAI. Salah satunya kebijakan PT KAI Purwokerto yang menambah 16 perjalanan kereta api reguler mulai April mendatang 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menambah 16 perjalanan KA reguler seiring dengan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) baru yang akan diberlakukan mulai awal April 2015.

“Ke-16 perjalanan KA baru itu terdiri atas enam KA penumpang dan 10 KA barang. Enam KA penumpang baru itu, yakni KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang pp sebanyak empat perjalanan dan KA Jaka Tingkir jurusan Purwosari-Pasarsenen pp sebanyak dua perjalanan,” kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono seperti dikutip Antara, Selasa (24/2/2015).

Advertisement

Ia mengatakan 10 KA barang baru terdiri atas KA Parcel (barang hantaran) jurusan Jakarta-Purwokerto- Malang-Surabaya pp, empat KA barang baru yang dialokasikan untuk angkutan semen Star Ajibarang dengan tujuan Semarang dan Karawang.

Selain itu, katanya, dua KA barang baru yang dialokasikan untuk angkutan semen Holcim dari Karangtalun ke Tasikmalaya dan dua KA barang baru yang dialokasikan untuk angkutan bahan bakar minyak (BBM) dari Maos menuju Tegal.

Dia mengatakan jika dibanding dengan Gapeka 2014 yang masih berlaku hingga saat ini, jumlah kereta api dalam Gapeka 2015 lebih banyak.

Advertisement

“Dalam Gapeka 2014 hanya ada 96 KA yang terdiri atas 70 KA penumpang dan 26 KA barang, sedangkan dalam Gapeka 2015 yang akan berlaku mulai 1 April terdapat 112 KA yang terdiri atas 76 KA penumpang dan 36 KA barang). Bertambahnya jumlah kereta api ini karena ada penambahan 16 KA baru berupa enam KA penumpang dan 10 KA barang dalam Gapeka 2015,” katanya.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa dalam Gapeka 2015 terdapat penambahan jumlah KA yang berhenti di Stasiun Kutoarjo yang merupakan stasiun terbesar kedua di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Dalam hal ini, katanya, jumlah KA yang berhenti di Stasiun Kutoarjo bertambah lima rangkaian, yakni tiga KA tujuan Jakarta yang terdiri atas KA Fajar Utama Yogya, KA Argo Dwipangga, dan KA Argo Lawu. Selanjutnya, KA Turangga tujuan Bandung dan KA Taksaka Malam tujuan Jogja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif