Otomotif
Rabu, 25 Februari 2015 - 19:45 WIB

BURSA MOBIL : 4 Mobil Toyota Rakitan Indonesia Ini Laris Manis di Luar Negeri

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Toyota Fortuner (Toyota Astra)

Bursa mobil Toyota di luar negeri mengalami peningkatan signifikan di awal tahun 2015 dengan produk andalan Fortuner dan Vios.

Solopos.com, JAKARTA – Tak hanya bermain di bursa dalam negeri, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) juga melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri. Selain Toyota Fortuner, masih ada tiga mobil lain besutan Toyota yang laku keras di pasar ekspor.

Advertisement

Meski pasar mobil dalam negeri sedang lesu, tampaknya hal itu tak berpengaruh terhadap penjualan TMMI di bursa mobil luar negeri. Itu terbukti dari jumlah ekspor mobil Toyota pada Januari 2015 yang meningkat hingga 53 persen dibandingkan pada Januari 2014 lalu.

Bedasarkan siaran pers TMMI yang dilasir Antara, Selasa (24/2/2015), sebanyak 15.000 unit mobil Toyota produksi Indonesia berhasil terjual di pasar ekspor. Jumlah itu merupakan peningkatan yang signifikan mengingat pada Januari tahun lalu, TMMI hanya mampu mengapalkan 9.800 unit mobil.

Dari sekian banyak mobil Toyota produksi Indonesia yang diekspor, tercatat ada empat mobil yang paling mendominasi penjualan. Jumlah penjualan terbanyak berhasil ditorehkan oleh Toyota Fortuner, yakni sebanyak 4.400 unit. Salah satu mobil mewah Toyota kelas sport utility vehicle (SUV) itu dibekali dengan teknologi dan berbagai fitur teranyar yang dikembangkan Toyota. Di Indonesia, mobil dengan mesin VN Turbo itu dijual mulai Rp422,8 juta.

Advertisement

Peringkat penjualan terbanyak di bursa mobil luar negeri dipegang oleh Toyota Vios. Mobil kelas sedan itu mampu terjual sebanyak 3.700 unit. sedangkan pada urutan ketiga dan keempat diduduki oleh Toyota Avanza dengan jumlah penjualan sebanyak 3.700 unit dan Toyota Kijang Innova sebanyak 1.200 unit.

Selain empat mobil itu, penjualan mobil Toyota di bursa mobil ekspor juga diramaikan oleh Toyota Yaris, Agya, Rush, Town Ace/Lite Ace dengan total penjualan sebanyak 2.000 unit.

“Pencapaian bulan Januari ini memberikan optimisme tersendiri bagi kami. Jika kondisi ini stabil dan dapat dipertahankan, kami sangat yakin bahwa Toyota Indonesia dapat mencapai target ekspor yang ditetapkan di awal tahun yaitu sebanyak 175 ribu unit kendaraan utuh bermerek Toyota atau meningkat 10% dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu”, ungkap Wakil Presiden Direktur TMMI Warih Andang Tjahjono seperti dilansir Detik.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif