Soloraya
Selasa, 24 Februari 2015 - 19:55 WIB

HUJAN ES KLATEN : 2 Kecamatan di Klaten Hujan Es, 8 Rumah Rusak

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa rumah Wagini, warga Dusun Cabean, Desa Mlese, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (24/2/2015). (Ayu Abriyani K.P./JIBI/Solopos)

Hujan es Klaten melanda dua kecamatan. Delapan rumah rusak akibatnya.

Solopos.com, KLATEN — Hujan deras disertai angin kencang kembali melanda Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (24/2/2015) siang. Dua kecamatan di wilayah itu bahkan dilanda hujan es. Akibat fenomena alam itu, setidaknya delapan rumah rusak diterjang pohon tumbang.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari Tim Reaksi Cepat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Klaten, hujan es dan angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Di Ngawen, rumah milik Slamet, warga Desa Manjung, rusak ringan.

Ada pula los tembakau di wilayah itu yang roboh akibat terjangan angin. Beberapa pohon tumbang juga sempat menutup jalur jalan alternatif Klaten-Boyolali yang melintasi Desa Manjung.

Sementara di Kecamatan Cawas, dilaporkan adanya tujuh rumah yang rusak ringan akibat pohon tumbang dan hujan es. Rumah itu milik Wagini, warga Dusun Cabean, Desa Mlese; milik Harto Pairo, warga Dusun Congkrangan, Desa Plosowangi yang rusak di bagian kandang dan dapur; dan milik Yono Sumarto, yang juga warga Dusun Congkrangan. Selain itu, rumah milik Slamet di Plosowangi Wetan; milik Wiyono, warga Dusun Sidodadi, Desa Plosowangi; rumah Andi Martino dan Jarwadi yang keduanya berada di Dusun Tegalrejo, Desa Baran, Kecamatan Cawas? juga rusak ringan.

Advertisement

Ada pula laporan yang menyebutkan seorang pelajar, Rizqy, 15, terluka ringan terkena ranting pohon tumbang. “Saat itu, ia [Rizqy] hendak pulang ke rumah naik motor. Di depan Balai Desa Gombang, Kecamatan Cawas ada pohon tumbang dan salah satu ranting pohon mengenai tangannya. Beruntung, ia hanya luka ringan di tangan sehingga menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Islam Klaten,” kata Camat Cawas, Muhammad Nasir, saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto, mengatakan hujan deras disertai angin kencang masih bisa terjadi dalam pekan ini. Ia pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. “Bila
terjadi hujan deras disertai angin kencang, sebaiknya mencari lokasi yang aman. Sebab, kemungkinan pohon tumbang bisa membahayakan keselamatan,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif