Lifestyle
Selasa, 24 Februari 2015 - 15:45 WIB

DEMAM BATU AKIK : Inilah 10 Batu Akik Termahal Dunia (1)

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Demam batu akik menjadi tren di kalangan masyarakat beberapa waktu terakhir. Batu akik termahal menjadi salah satu yang paling banyak dicari.

Solopos.com, SOLO – Demam batu akik masih menjangkit masyarakat kelas menengah hingga tokoh nasional Tanah Air. Sejumlah batu akik termahal menjadi buruan terpopuler di berbagai situs pencari.

Advertisement

Dari sejumlah batu akik termahal, jenis batu akik seperti Black Opal, Giok hingga Garnet menjadi beberapa yang cukup populer di dunia. Blogger akiks.com mengumpulkan daftar batu akik termahal di Indonesia. Sejumlah batu bahkan telah menembus angka trilyunan rupiah.

Inilah peringkat 10-6 dari sepuluh batu akik termahal di dunia hingga Januari 2015;

Advertisement

Inilah peringkat 10-6 dari sepuluh batu akik termahal di dunia hingga Januari 2015;

10. Jeremejevite (Rp25 Juta/karat)
Jeremejevite masuk mineral langka dengan harga termahal. Pertama kali batu ini ditemukan pada tahun 1883 di pegunungan siberia. Kekerasan batu 7 pada skala mohs. Harga US$2.000 per karat.

Jeremejevite (geogalery.si.edu)

Advertisement

Black Opal (opalauctions.com)

Harga batu kalimaya termahal atau opal adalah jenis black opal (opal hitam) dan masuk kategori paling langka sehinga harga batu mulia mencapai ribuan dollar perkarat. Varian termahal dari batu ini adala US$2.235 per karat.

8. Red Beryl Emerald (Rp125 Juta/karat)
Beryl ditemukan kali pertama disebuah pegunungan Utah, Amerika Serikat pada tahun 1904 oleh seorang minerolog bernama Maynard Bixby. Batu ini dikenal pula dengan nama Bixbite sebagai bentuk penghormatan terhadap penemunya.

Advertisement

Red Beryl (gemservice.com)

Beryl adalah mineral berilium, aluminium dan cyclosilicate dengan rumus kimia. Batu ini memiliki variasi warna, hijau, biru, kuning, merah, dan putih. Dari sekian banyak batu mulia Red Beryl termasuk dalam jenis paling langka sedunia.

7. Musgravite (Rp437 Juta/karat)
Batu permata dengan nilai harga tinggi ditemukan pertama kali pada tahun 1967 di sebuah pegunungan Australia Selatan. Batu ini memiliki tingkat kekerasan 8-8,5 pada skala Mohs.

Advertisement

Batu ini masuk dalam keluarga taaffeite atau mineral yang ditemukan kali pertama oleh Richard Taaffe pada 1898-1967.

Musgravite termasuk salah satu permata paling langka yang ada di atas bumi sehingga harganya sangat tinggi. Hingga pada tahun 2005 diperkirakan hanya ada 8 buah Musgravite diseluruh dunia.

6. Grandidierite
Sebuah batu permata yang sangat indah tapi sangat langka, kali pertama batu ini ditemukan di Madagaskar pada sekitar tahun 1902.

Grandidierite (imgur.com)

Penamaan batu mulia ini berkaitan dengan nama Alfred Grandidier (1836-1912) sebagai bentuk penghormatan terhadap seorang naturalis dan penjelajah asal Prancis yang mempelajari seputar sejarah alam Madagaskar waktu itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif