Lifestyle
Senin, 23 Februari 2015 - 04:10 WIB

TIPS BATU AKIK : Asli atau Palsu? Begini Cara Bedakan Akik Berkualitas

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung asyik mengamati dan memilih batu akik di kios Hasan Asrori, di Pasar Batu Mulia Keraton Surakarta, Alun-alun Utara Solo, Sabtu (14/2/2015). (Arif Fajar S/JIBI/Solopos)

Tips batu akik kali ini untuk mengetahui keasliannya.

Solopos.com, SOLO – Seiring dengan semakin populernya batu akik, bisa jadi ada oknum nakal yang memanfaatkan kesempatan dengan menjual batu akik palsu. Anda tidak mau tertipu bukan? Maka, tidak ada salahnya Anda simak tips batu akik kali ini.

Advertisement

Dilansir Antara, Sabtu (21/2/2015), harga batu akik terus naik sejak peminat batu akik meningkat. Hal ini membuat peredaran batu akik palsu yang terbuat dari kaca rendeman atau batu warna biasa, marak di pasaran.

Batu akik palsu yang mirip dengan batu akik asli tersebut biasanya dijual murah dibandingkan batu akik yang asli atau bersertifikat.

Seorang pedagang batu akik di Jakarta Gems Center (JGC), yang beralamat di Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur, Adi, mengatakan ada berbagai jenis batu akik yang beredar di pasaran. Anda harus waspada, karena ada yang asli, sintesis, dan palsu.

Advertisement

Menurut Adi, saat membeli batu akik atau batu mulia sebaiknya mengajak orang yang paham dan tidak boleh buru-buru. Karena, batu yang asli dan palsu sebenarnya bisa dibedakan secara kasat mata.

“Memilih batu akik, apalagi batu mulia yang harganya puluhan juta, atau di atas itu harus sabar. Nggak boleh buru-buru. Jangan sampai tertipu dibilang asli ternyata barangnya palsu,” kata Adi, sebagaimana dilansir Detik, Selasa (5/8/20014) lalu.

“Contohnya saja, kalau batu safir atau rubi itu dari seratnya saja bisa kelihatan asli atau palsu. Atau misalnya melihat batu bacan, orang di sini bisa melihatnya bagus atau enggak pakai senter kecil. Sebelum membeli bisa juga melihat di Internet, cari informasi, saya kira sudah banyak,” imbuh Adi.

Advertisement

Ngebedain batu yang asli atau palsu bisa juga dengan kaca pembesar. Di pasaran juga sudah banyak yang jual alat buat mengecek batuan asli atau palsu kok,” sambung Adi yang telah berjualan batu akik dan batu mulia sejak tahun 90-an.

Lebih lanjut kata Adi, untuk keaslian batuan mulia bisa dilihat dari 5 C, yaitu carat (karat), cutting (potongan), colour (warna), clarity (kejernihan) dan juga certificate (sertifikat).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif