News
Senin, 23 Februari 2015 - 12:00 WIB

PIALA OSCAR : Ida Dinobatkan Jadi Film Berbahasa Asing Terbaik

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pawel Pawlikowski memegang Piala Oscar dalam kemenangannya di ajang Academy Awards ke-87, Minggu (22/2/2015). (JIBI/Solopos/Reuters/Mike Blake)

Piala Oscar menobatkan film Ida sebagai film berbahasa asing terbaik.

Solopos.com, LOS ANGELES – Ajang penghargaan insan perfilman di Amerika Serikat, Academy Awards ke-87, memenangkan film garapan sutradara Pawel Pawlikowski sebagai film berbahasa asing terbaik. Film yang sukses mengantar Pawel Pawlikowski memegang Piala Oscar adalah Ida.

Advertisement

Dilansir Reuters, Minggu (22/2/2015), film Ida adalah film drama berbahasa Polandia. Film tersebut berlatar cerita kehidupan yang keras di masa pasca-Perang Dunia II. Pawlikowski, sutradara berusia 57 tahun ini sangat senang atas keberhasilannya membawa pulang Piala Oscar ini.

“Untuk teman-teman Polandia saya yang berada di depan televisi, kru yang berada di luar bersama kami dan yang benar-benar sedang mabuk sekarang dan Anda yang fantastis, Anda yang brilian, Anda membuat saya berhasil dalam film ini [Ida] dan Anda yang saya cintai tentang Polandia, ketangguhan Anda yang berani dan lucu,” ucap Pawlikowski.

Sebelumnya, Ida pernah memenangi BAFTA Inggris sebagai film asing terbaik dan film dengan sutradara, skenario, sinematografi terbaik di European Film Awards.

Advertisement

Film Ida berlatar tahun 1962, yang mengisahkan seorang biarawati bernama Anna. Pemeran Anna adalah aktris Agata Trzebuchowska, 23.

Dikisahkan dalam Ida, Anna terlahir sebagai seorang Yahudi bernama Ida. Film ini mendapat respons yang baik dari penontonnya, karena alur cerita yang menyentuh.

Melalui film Ida, Pawlikowski mengaku tidak ingin membuat film yang menjelaskan sejarah Polandia, namun mengeksplorasi karakter Ida dari sisi psikologis dan kejiwaan manusia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif