Soloraya
Senin, 23 Februari 2015 - 18:50 WIB

KOMUNITAS SOLO : SWEET MEMORIES: Berdendang Melintasi Masa

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Komunitas Sweet Memories (Dok/JIBI/Solopos)

Komunitas Solo Sweet Memories, tidak pernah bosan bersinggungan dengan musik.

Solopos.com, SOLO – Di Solo, ada satu Komunitas yang konsentrasi pada kegemaran menyanyi. Komunitas tersebut bernama Sweet Memories.

Advertisement

Suara nyanyian diiringi alunan musik dari solo organ langsung terdengar saat memasuki kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat bagian belakang bangunan utama malam itu.

Suara penyanyi dan iringan musik itu berasal dari Dalem Madukusuman, rumah yang dihuni Gusti Pangeran Haryo (GPH) Madu Kusumo yang akrab disapa Gusti Madu, salah satu putera almarhum PB XII.

Advertisement

Suara penyanyi dan iringan musik itu berasal dari Dalem Madukusuman, rumah yang dihuni Gusti Pangeran Haryo (GPH) Madu Kusumo yang akrab disapa Gusti Madu, salah satu putera almarhum PB XII.

Apakah Gusti Madu sedang punya gawe atau hajatan, sehingga mendaulat penyanyi dan solo organ untuk menghibur para tamu yang datang ke rumahnya? Ternyata tidak.

“Ya seperti ini, setiap Senin malam teman-teman yang punya hobi nyanyi tapi bukan karaoke seperti di tempat karaoke pada umumnya berkumpul di sini,” tutur Gusti Madu kepada Solopos, belum lama ini.

Advertisement

“Semula beberapa orang namun lama kelamaan terus bertambah, akhirnya diadakan rutin. Setiap Senin malam dan hari lain dalam beberapa kelompok,” tutur Gusti Madu.

Agar mudah dan enak didengar, ketika menyebut kegiatan yang diikuti pehobi dan mereka yang baru belajar nyanyi, Gusti Madu menamainya dengan Komunitas Sweet Memories.

Keberadaan Sweet Memories perlahan mulai dikenal di kalangan pehobi nyanyi secara langsung diiringi musik solo organ. Mereka yang biasanya nyanyi di kafe atau tempat nyanyi lainnya dengan senang datang ke Madukusuman.

Advertisement

Senin Malam

Seperti Angel, perempuan berwajah manis ini semula sering nyanyi di salah satu hotel di Jebres yang menyediakan tempat bagi pehobi nyanyi, kini dia juga rutin datang ke Madukusuman setiap Senin malam.

Menurut Angel, dirinya tahu di Madukusuman ada komunitas yang menjadi wadah bagi mereka yang hobi nyanyi. Mereka juga belajar menyanyi secara langsung dengan teman-teman yang sudah bergabung terlebih dulu.

Advertisement

“Saya biasanya nyanyi bareng teman di tempat lain, tapi di sini [Madukusuman] beda suasananya, sangat pas apalagi dipadu dengan bentuk rumah yang berarsitektur tradisional Jawa,” jelas Angel.

Komunitas Sweet Memories ini pernah mengisi acara untuk menyambut Tahun Baru 2015, pada 31 Desember 2014 malam. [Baca: Komunitas Sweet Memories Bernyanyi Bersama Sambut Tahun Baru]

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif