Lifestyle
Senin, 23 Februari 2015 - 22:20 WIB

KASUS GIZI BURUK : Hati-hati! Remaja Putri Rawan Alami Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi remaja putri: Mereka lebih cepat dewasa ketimbang lelaki sepantaran. (dailymail.co.uk)

Kasus gizi buruk tidak hanya dialami balita, remaja putri pun rawan mengalami hal tersebut.

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Jogja, FX.Kuswinarto menuturkan bahwa saat ini pihaknya menyasar remaja putri dalam program pengendalian kasus gizi buruk di Kota Jogja.

Advertisement

Pasalnya, akibat kebiasaan serta gaya hidup masa kini menyebabkan tidak sedikit remaja putri yang kurang mengonsumsi makanan bergizi, sayur, buah, dan jarang berolahraga secara teratur.

Maka mereka mengalami kekurangan asupan gizi. Apabila kondisi itu terus berlangsung hingga mereka menikah kelak, kemudian mengandung, kurangnya gizi pada tubuh mereka sebagai ibu akan berdampak pada anak dan balita yang mereka lahirkan.

“Kalau saja saat ini kami hanya menyosialisasikan gizi seimbang bagi ibu mengandung, rasanya terlambat. Maka kami menyasar pula kaum remaja putri, agar kasus gizi buruk bisa dikendalikan di masa depan,” papar Kuswinarto, Minggu (22/2/2015).

Advertisement

Kuswinarto juga menuturkan, tidak sedikitnya problema kehamilan tidak dikehendaki menjadi tambahan penyebab gizi ibu dan balita tidak terpantau.

Ibu-ibu yang mengetahui buah hatinya kekurangan gizi, justru menutup-nutupi.

“Maka kami kerjasama juga dengan lintas sektor seperti sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat, Dinas Pendidikan, PKK, Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif