Lifestyle
Senin, 23 Februari 2015 - 13:45 WIB

DEMAM BATU AKIK : Inilah 7 Jenis Batu Paling Digemari di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Opal Lucky Gemstone (Istimewa)

Demam batu akik menjangkiti masyarakat kelas menengah hingga tokoh dunia. Beberapa batu bahkan menjadi incaran paling populer.

Solopos.com, SOLO – Heboh batu akik belakangan ini tak cuma menjangkiti pedagang dan masyarakat penggemar benda-benda antik. Sejumlah tokoh ternama hingga selebriti dunia juga ikut demam batu akik.

Advertisement

Beberapa waktu lalu, istri Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, menunjukkan gejala demam batu akik itu dengan mempertontonkan batu akik yang disebutnya sebagai koleksi istimewa. Melalui akun Instagramnya, Ani, mengunggah tiga batu mulia dengan bentuk yang berbeda-beda.

Salah satu batu mulia yang dipamerkan Ani Yudhoyono tersebut bertuliskan “Allah” dalam aksara Arab. Selain itu terdapat juga koleksi batu mulia berwarna pink bergradasi putih.

SBY memang dikenal gemar mengoleksi batu mulia atau batu akik. SBY diketahui sering tampil mengenakan cincin bertahtakan batu mulia jenis bacan doko yang harganya menembus Rp3 miliar.

Selebriti dunia, Taylor Swift, juga tak kalah demam batu akik. Pelantun Shake it Off ini tampil di red carpet Grammy Awards 2015 dengan mengenakan perhiasan yang terbuat dari batu Black Opal.

Batu mulia atau batu akik yang menjadi salah satu bagian dari gaya hidup, kini juga menjadi komoditas yang cukup menguntungkan. Sebagian di antaranya punya rentang harga yang sulit dijangkau. Beberapa menjadi cukup populer karena dipakai tokoh terkenal dunia.

Inilah tujuh jenis batu akik paling digemari di dunia:

Diawali dari Bacan…

Advertisement

Batu Bacan

Cicin batu bacan (notadreams.net)

Batu bacan merupakan jenis batu mulia atau batu akik asal Indonesia yang banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan, Maluku Utara, tepatnya di Pulau Bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Batu bacan rata-rata berwarna hijau. Di situs jual beli dapat ditemui bacan dengan harga bervariasi dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Batu bacan termahal bahkan berada pada kisaran harga Rp150 jutaan.

Selanjutnya kalimaya alias opal…

Advertisement

Kalimaya (Opal)

Batu opal (nationalopal.com)

Opal yang bermakna batu mulia yang terdapat dalam berbagai macam warna dari yang tembus pandang hingga kedap cahaya, terbentuk dari silikat berair ini menjadi salah satu batu akik paling mahal di dunia. Harga opal atau dikenal pula dengan batu kalimaya yang termahal mencapai US$2.500/karat atau sekitar Rp30 juta/karat.

Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di daerah Banten. Harga batu kalimaya bervariasi, tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya.

Selanjutnya batu sungai dareh…

Batu Sungai Dareh

Advertisement

Batu sungai dareh (ebay.ca)

Batu akik sungai dareh populer berkat Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Harga batu mulia ini bervariasi, dari mulai ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah, tergantung jenisnya.

Kunikan dan kelebihan atau keistimewaan batu sungai dareh terletak pada corak an warna batu yang sangat menawan. Batu ini juga memiliki kekerasan standar batu mulia kualitas internasional dengan kadar kekerasan 7 skala mohs atau sama dengan batui giok Tiongkok yang telah dikenal manusia sejak ribuan tahun lalu.

Selanjutnya kecubung alias amethyst…

Kecubung (Amethyst)

Amethyst alias kecubung (mineralminers.com)

Advertisement

Amethyst sangat terkenal di sejumlah negara benua Eropa dan Asia. Warna khas ungu yang terdapat pada batu akik ini membuatnya terlihat mempesona. Bukan hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan.

Amethyst sebenarnya cukup terjangkau, meskipun untuk jenis Deep Rusian, harganya bisa mencapai Rp70 juta per karat.

Selanjutnya merah delima alias ruby…

Merah Delima (Ruby)

Merah delima alias ruby (imgarcade.com)

Di antara deretan batu mulia, ruby mungkin menjadi salah satu yang cukup terkenal. Rentang warna batu ini yang antara pink hingga merah membuat batu ruby sering juga disebut batu merah delima.

Advertisement

Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian.

Selanjutnya batu topaz…

Batu Topaz

Aneka warna batu topaz (hsamuel.co.uk)

Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Srilanka, Rusia, Brasil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak digunakan sebagai perhiasan ini.

Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya mengandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya, baik yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak, bahkan dipercaya bisa membawa kedamaian.

Advertisement

Batu topaz dengan warna biru muda sampai biru tua berkisar di harga Rp100.000 sampai Rp2 juta per karat. Bahkan untuk topaz dengan kualitas keindahan yang lebih bagus lagi dapat mencapai puluhan juta per karat.

Selanjutnya batu safir…

Batu Safir

Sapphire gemstone alias batu safir (johribazaar.com)

Safir sudah cukup populer di berbagai belahan dunia. Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu.

Safir menjadi salah satu batu yang cukup mahal. Bahkan batu ini disebut-sebut hanya tepat untuk kalangan atas. Maklum saja, harga batu Safir berada pada kisaran jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif