Lifestyle
Minggu, 22 Februari 2015 - 09:30 WIB

Pengin Hemat? Rancang Liburan Anda Sejak Dini

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pendaki menyesaki Gunung Andong (JIBI/Harian Jogja/Arief Junianto)

Liburan menjadi momen menyenangkan bagi keluarga. Apalagi jika bujet liburan tak menyita banyak dan bisa hemat.

Solopos.com, JAKARTA — Perencanaan liburan yang dirancang sejak jauh hari diyakini bisa menghemat porsi pengeluaran sangat signifikan.

Advertisement

Konsultan Keuangan Risza Bambang mengatakan rencana berlibur sejak awal dapat memberi berbagai keuntungan. Misalnya, bisa berkesempatan lebih luas untuk mencari tiket pesawat dengan harga promo dan memburu diskon hotel.

“Bahkan jika jeli, kadang bisa melakukan redeem poin frequent flyers atau credit card sehingga beli tiket pesawat dengan gratis,”ungkap pria yang juga menjabat Chairman PT Padma Radya Aktuaria itu kepada JIBI/Bisnis, Sabtu (21/2/2015).

Risza menyarankan para calon turis mematangkan perencanaan berlibur, dimulai dengan menentukan destinasi wisata, menetapkan transportasi, dan akomodasi yang digunakan. Dengan begitu, liburan menjadi efektif, efisien dan powerful.

Advertisement

“Ketiga hal itu akan jadi sebagian besar proporsi biaya sehingga sebaiknya rencana dilakukan sedini mungkin, misalnya setahun sebelumnya,”lanjutnya.

Selain itu, dia juga menyarankan persiapan biaya menuju lokasi wisata, dan biaya konsumsi selama berlibur, juga alokasi biaya belanja oleh-oleh maupun belanja lain yang diinginkan.

Seluruh biaya terkait ditambah inflasi 1 tahun akan menjadi nilai biaya liburan yang harus disediakan. Jadi perlu disisihkan sejumlah dana sejak sekarang secara reguler sampai dengan masa liburan tiba.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif