Lifestyle
Minggu, 22 Februari 2015 - 21:45 WIB

HASIL PENELITIAN : Makan Terlalu Larut Sebabkan Kerusakan Otak

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Hasil penelitian menyebut makan terlalu larut dapat menyebabkan kerusakan otak.

Solopos.com, JAKARTA – Makan terlalu larut malam atau menyantap semangkuk es krim sebelum tidur bisa mengacaukan isi kepala. Para ahli mempelajari jam internal tubuh dan menemukan jika makan pada waktu yang salah, terutama ketika Anda mengunyah makanan pada waktu seharusnya untuk tidur dapat mengganggu kemampuan belajar dan memori.

Advertisement

Profesor Psikiatri dan Ilmu Biobehavioral University of California Chrsitopher Colwell menjelaskan penelitian tersebut dilakukan pada tikus, tetapi prinsip-prinsip umum berlaku untuk manusia.

Meskipun masyarakat modern menuntut jadwal kerja yang panjang, dan membuat terpapar sinar lampu dan makanan selama 24 sehari dan 7 hari seminggu, tubuh Anda tetap membutuhkan siklus tertentu untuk tetap sehat.

Dengan mengacaukan siklus tidur, sangat buruk bagi kesehatan, karena bisa memicu diabetes tipe-2 dan masalah sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut juga dapat memengaruhi fungsi kognitif, terutama belajar dan mekanisme memori.

Advertisement

Di sinilah, makan tengah malam dapat menjadi masalah. Sering terlambat makan menjadi penyebab terganggunya siklus tidur berbarengan dengan terkena cahaya di malam hari.

“Masyarakat tradisional seperti budaya Mediterania sudah benar, mereka mengonsumsi makanan berat di tengah hari,” paparnya seperti dikutip dari Today.com, Sabtu (21/2/2015).

Colwell yang segera menyerahkan penelitian ini untuk dipublikasikan mengatakan, bahwa telah ada pengingat dalam tubuh kita yang dirancang supaya kita tetap berada dalam jadwal dan siklus yang benar.

Advertisement

“Jika berada dalam lingkungan kerja di mana Anda menemukan diri Anda dalam situasi kronis, yakni jam internal Anda tidak tepat waktu, maka Anda mulai mengalami masalah,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif