Otomotif
Jumat, 20 Februari 2015 - 19:45 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Yamaha Siapkan R25 Versi ABS Rp59 jutaan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Proses produksi Yamaha R25 (Tmcblog)

Sepeda motor Yamaha R25 versi ABS segera diluncurkan ke pasar motor sport nasional dengan banderol termurah di kelasnya.

Solopos.com, JAKARTA – Setelah diaplikasikan pada Yamaha NMax 150, fitur anti-lock brake system (ABS) tampaknya juga akan ditanamkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ke sepeda motor Yamaha R25.

Advertisement

Salah satu anggota keluarga sepeda motor Yamaha R Series ini tampaknya akan mendapat fitur tambahan sebagai senjata melawan para rivalnya. Setelah peluncuran Yamaha NMax 150 ABS pekan lalu segera menepati janjinya menetaskan Yamaha R25 versi ABS.

Menilik pernyataan Asisten GM Marketing YIMM, Mohammad Masykur pada akhir tahun 2014 lalu, sepeda motor Yamaha R25 juga akan hadir dalam versi ABS pada kuartal pertama 2015. Dalam pernyataan itu, Masykur menuturkan motor bermesin 250 cc itu tengah dalam proses produksi dan peluncurannya tinggal menunggu waktu yang tepat.

Berdasarkan analisis pakar otomotif Indonesia sekaligus pemilik situs TMC Blog, Taufik Hidayat, sebagaimana dikutip Solopos.com, Jumat (20/2/2015), waktu yang tepat untuk meluncurkan sepeda motor Yamaha R25 ABS adalah sesaat setelah peluncuran Yamaha NMax 150 yang juga mengusung fitur ABS.

Advertisement

Berdasarkan pantuan di situs nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) DKI Jakarta, harga on the road (OTR) sepeda motor Yamaha R25 berada di kisaran harga Rp59 juta per unit.  Harga tersebut lebih mahal sekitar Rp6 jutaan ketimbang Yamaha R25 non-ABS yang dibanderol Rp53 jutaan.

Namun, jika dibandingkan dengan rivalnya, motor sport kelas entry level dari Yamaha itu rupanya menempati posisi harga termurah di kelasnya. Pasalnya, Honda CBR 250R dan Kawasaki Ninja 250 dengan fitur ABS dijual pada kisaran Rp61 jutaan.

Dikutip Solopos.com dari situs TPT Online Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin), sepeda motor Yamaha R25 ABS hanya diproduksi sebanyak 1.200 unit sepanjang tahun 2015. Jumlah itu jauh berbeda dari Yamaha R25 non-ABS yang diproduksi lebih dari 20.000 unit.

Advertisement

Sepeda motor Yamaha R25 mengusung mesin dual silinder berkapasitas 249 cc yang dipadukan dengan transmisi manual enam percepatan. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 35 hp dan torsi puncak sebesar 22,6 Nm. Menurut klaim YIMM, motor yang juga diekspor hingga ke Jepang itu mampu dipacu hingga kecepatan 173 km/jam.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif