Otomotif
Kamis, 19 Februari 2015 - 23:50 WIB

PAMERAN OTOMOTIF : GIIAS dan IIMS Bersamaan, Pilih Mana?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Model gladi resik pembukaan IIMS 2014, Rabu (17/9/2014). (Rachman/JIBI/Bisnis)

Pameran otomotif skala internasional di Indoneia tahun ini istimewa. Ada dua pameran dalam waktu bersamaan.

Solopos.com, JAKARTA – Tahun 2015 ini merupakan tahun istimewa dalam pameran otomotif. Kali pertama Indonesia menyelenggarakan dua pameran otomotif berskala internasional. Dua pameran itu adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS).

Advertisement

Kabar mengejutkan datang dari dunia pameran otomotif Indonesia. Tak seperti tahun-tahun sebelunya, kali ini Indonesia akan mengadakan dua kegiatan pameran otomotif berskala internasional. Makin mengejutkan karena dua pameran itu digelar dalam waktu bersamaan di tempat berbeda.

Beberapa tahun  terakhir, nama pameran IIMS biasa digunakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Namun tahun ini mereka memilih menggunakan nama GIIAS karena nama IIMS tampaknya akan dipakai oleh event organizer Dyandra Promosindo.

Advertisement

Beberapa tahun  terakhir, nama pameran IIMS biasa digunakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Namun tahun ini mereka memilih menggunakan nama GIIAS karena nama IIMS tampaknya akan dipakai oleh event organizer Dyandra Promosindo.

“GIIAS 2015 merupakan satu-satunya pameran resmi Gaikindo yang bertujuan mendukung serta mendorong industri otomotif di Tanah Air. Kami berharap GIIAS 2015 dapat menjadi benchmark perkembangan industri otomotif di Indonesia,” jelas Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR seperti dilansir Liputan6, Rabu (11/2/2015).

Menurut Sudirman, nama GIIAS dipilih sebagai nama resmi yang didaftarkan Gaikindo dan diakui oleh asosiasi industri mobil dunia (OICA). Lebih lanjut, kata Auto Show juga merujuk pada tren nama penyelenggaraan pameran otomotif dunia yang berfokus pada industri otomotif.

Advertisement

Menanggapi mengenai nama IIMS yang diklaim oleh Dyandra Promosindo, Ketua Pelaksana GIIAS, Johnny Darmawan mengaku tak keberatan meski hal tersebut baru diberitahukan secara mendadak.

“IIMS itu bukan punya Gaikindo. Hak patennya didaftarkan atas nama Dyandra,” ujar Johny seperti dikutip Solopos.com dari Detik, Senin (10/2/2015).

Pameran otomotif GIIAS nantinya akan diselenggarakan 20-30 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berada di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Jakarta.

Advertisement

Dalam pameran itu akan hadir sebanyak 30 merek kendaraan dengan 23 merek dari kendaraan penumpang seperti Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Jaguar, KIA, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW dan 7 merek kendaraan komersial terdiri atas FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks.

Selain mereka, Gaikindo juga kembali produsen asal negeri Jiran yang tengah hangat diperbincangkan, Proton Malaysia juga ikut serta.

“Subaru yang ikut itu mendaftarkan atas nama Agen Pemegang Merek (APM) bukan distributor. Proton juga sudah masuk, tapi mereka belum committed. Karena setelah committed baru bayar. Tapi mereka sudah mengonfirmasi akan ikut pameran,” tambah Johnny.

Advertisement

Dari daftar peserta pameran otomotif yang diumumkan oleh Gaikindo, masih ada satu merek mobil terkenal di Tanah Air yang belum disebutkan, yakni produsen Ford.

Bukan hanya pada ajang GIIAS, Ford rupanya juga belum memantapkan langkahnya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan Dyandra Promosindo di waktu yang bersamaan.

“Kita belum konfirmasi ikut auto show, Rencananya ikut. Pokoknya apakah auto show [GIIAS] atau motor show [IIMS] ya sama saja,” ungkap Managing Director Ford Motor Indonesia, Bagus Susanto.

Dalam waktu yang bersamaan, Dyandra Promosindo akan menyelenggarakan IIMS di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pameran otomotif IIMS 2015 dikabarkan akan menggandeng pihak Grand Prix International (GPI) Thailand dan sejumlah pihak lain dari kawasan Asia, Eropa, Australia, dan Amerika.

Advertisement
Kata Kunci : Giias IIMS Pameran Otomotif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif