Lifestyle
Rabu, 18 Februari 2015 - 20:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Bahan Camilan Ini Cocok untuk Penderita Diabetes

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi popcorn (Riders Digest)

Tips kesehatan kali ini terkait dengan camilan yang sesuai untuk penderita diabetes.

Solopos.com, SOLO – Penderita diabetes sering kali tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula. Dalam tips ini akan diulas seputar jenis buah atau bahan makanan lain yang dapat digunakan sebagai camilan sehat penderita diabetes.

Advertisement

Dikutip dari Readers Digest, Selasa (17/2/2015), penderita diabetes dapat menjaga kesehatan tubuhnya, dengan mengonsumsi beberapa camilan sehat di sela makan besar. Bahan makanan dan minuman yang disarankan dalam tips ini untuk camilan pendeerita diabetes, adalah jenis manakan yang mengandung glisemik.

Hal tersebut dikarenakan, kandungan glisemik dalam bahan makanan atau minuman, dapat mengurangi risiko ketidakstabilan insulin.

Beberapa bahan makanan dan minuman yang dapat menjaga kesehatan penderita diabetes adalah buah apel, wortel, selai kacang, kacang almond, yogurt rendah lemak, kacang polong, popcorn.

Advertisement

Sementara, dilansir Webkesehatan, penderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar glukosa dan sukrosa tinggi, seperti mangga dan stroberi.

Menurut kacamata medis, buah mangga dan stroberi dapat meningkatkan kadar gula dalam darah penderita diabetes. Buah alternatif yang dapat dikonsumsi penderita diabetes adalah apel, pir, dan rasberry.

Demi menjaga kestabilan kadar gula darah, penderita diabetes juga disarankan untuk menghindai jenis sayuran yang banyak mengandung sari pati, seperti kentang atau labu.

Advertisement

Sebagai penggantinya, penderita diabetes dapat mengonsumsi sayur wortel dan kacang-kacangan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif