Entertainment
Rabu, 18 Februari 2015 - 21:45 WIB

MATA NAJWA METRO TV : Hanta : Jokowi Tengah Bangun Antibodi Politik

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa (matanajwa.com)

Mata Najawa Metro Tv, Rabu (18/2/2015), malam ini membahas tentang polemik yang terjadi di tubuh KPK dan Polri.

Solopos.com, JAKARTA – Tayangan Mata Najwa  yang disiarkan stasiun televisi Metro TV, Rabu (18/2/2015) membahas mengenai keputusan Jokowi yang batal melantik Komjen Budi Gunawan. Dari keputusan itu, pengamat politik memperkirakan Jokowi ingin bebas dari tekanan pihak-pihak pengusungnya.

Advertisement

Kuasa hukum Komjen Budi Gunawan, Yunadi Fredrich menjelaskan Mata Najwa Metro Tv,  keputusan Presiden berhak memutuskan apakah nantinya Budi Gunawan dilantik atau tidak. Jika memang batal dilantik, maka harus ada penjelasan lebih perinci.

“Berdasarkan hukum tata negara, Presiden berbagi hak dengan DPR dalam melantik Kapolri. Apabila batal dilantik, maka presiden harus menjelaskan secara rasional alasan pembatalan pengangkatan itu,” jelas Yunadi di acara Mata Najwa Metro Tv.

Sedangkan menurut pengamat politik Hanta Yuda, saat ini Jokowi tengah berusaha membangun anti bodi politik. Setelah ia berhasil mengambil keputusan dalam kasus Kapolri ini, maka ia akan terbebas dari tekanan-tekanan politik dari berbagai pihak terutama dari partai pengusung Jokowi.

Advertisement

“Bukan Jokowi mengesampingkan aspek hukum dan tata negara bahkan partai politik pengusungnya, di sini Jokowi menimbang baik buruk iklim politik setelah ia mengambil keputusan untuk membangun antibody politik dirinya,” jelas Hanta.

Mengamini penjelasan Hanta, aktifis anti korupsi Fadjroel Rachman juga berpendapat bahwa langkah Jokowi harus didukung karena Presiden asal Solo itu tengah berusaha mengangkat Kapolri yang tak cacat di mata hukum.

“Jokowi tidak ingin mengangkat pejabat yang cacat hukum dan itu harus didukung,” ujar Fadjroel di Mata Najwa Metro Tv.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif