Entertainment
Rabu, 18 Februari 2015 - 10:30 WIB

JODHA AKBAR ANTV : Catatan Sejarah: Pengaruh Jodha Bai di Masa Kekaisaran Mughal

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paridhi Sharma pemeran tokoh Jodha (Tellytadka.net)

Jodha Akbar Antv memasuki episode cinta Jalal-Jodha yang makin kuat.

Solopos.com, SOLO – Serial India Jodha Akbar yang tayang di stasiun televisi Antv, menunjukkan jalan pemikiran karakter Ratu Jodha atau yang kemudian lebih disebut Mariam Uz Zamani yang kuat. Lalu, apa saja kontribusi Jodha di kekaisaran Mughal?

Advertisement

Dalam serial televisi, Jodha digambarkan sebagai wanita hindu yang berpendirian teguh. Meski suaminya, Raja Akbar atau Jalal adalah seorang muslim, namun Jodha tidak berpindah keyakinan.

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Senin (16/2/2015), selaku istri ketiga Raja Akbar, Mariam Uz Zamani mendapat tempat spesial di hati Raja Akbar, karena telah melahirkan pewaris tahta Akbar, yang kemudian dipanggil Raja Jahangir.

Berdasarkan catatan sejarah Kerajaan Mughal, Mariam Uz Zamani adalah wanita yang cerdas. Ia berhasil mengaktifkan perdagangan rempah-rempah dan sutra hingga ke kancah internasional. Karena kepandaiannya dalam berdagang, Mariam Uz Zamani diklaim menjadi satu-satunya wanita bangsawan yang sukses membawa Kerajaan Mughal ke tingkat kejayaan perdagangan.

Advertisement

Tercatat dalam sejarah India, Mariam Uz Zamani memiliki kapal berlabel Rahimi, yang digunakan sebagai alat transportasi untuk para peziarah islam yang ingin pergi ke Mekah. Kapal Rahimi ini diklaim sebagai kapal ziarah terbesar. Namun, pada 1613, kapal tersebut dibajak oleh para pelaut Portugis.

Pangkat
Mariam Uz Zamani menjadi satu-satunya Ratu Mughal yang dapat mencapai jenjang tertinggi dalam bidang politik. Pangkat tertinggi Mariam Uz Zamani adalah commander 12.000.

Karena kontribusi Mariam Uz Zamani yang cukup besar untuk Kekaisaran Mughal, ia mendapatkan hak istimewa berupa kepemilikan dokumen resmi bernama Farman. Tercatat dalam sejarah India, hanya ada enam Ratu yang berhasil menerima hak eksklusif untuk penerbitan Farman tersebut, yaitu Hamidah Banu Begum, Mariam Uz Zamani, Nur Jehan, Mumtaz Mahal, Nadira Banu Begum, dan Jahanara.

Advertisement

Jiwa Sosial
Sebagai salah satu Ratu Mughal terkaya, Mariam Uz Zamani menggunakan kekayaannya untuk kepentingan rakyat. Ia membangun kebun, sumur, dan masjid di seluruh wilayah Mughal.

Salah satu masjid milik Mariam Uz Zamani ada di Walled City of Lahore, Pakistan. Masjid bernama Mariam Zamani Begum Sahuba tersebut dibangun oleh putranya, Jahangir, dan menjadi salah satu masjid terbesar di Pakistan hingga saat ini.

Kematian dan Makam
Tercatat dalam sejarah India, Mariam Uz Zamani meninggal sebagai seorang hindustan pada 1623, namun upacara pemakamannya dilakukan secara islam.

Sebelum meninggal, Mariam Uz Zamani berwasiat untuk dikubur di dekat makam Raja Akbar. Pembangunan makam Mariam Uz Zamani dilakukan oleh putranya, Jahangir, pada 1623-1627. Makam tersebut bernama Jyoti Nagar, di Tantpur.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif