Entertainment
Selasa, 17 Februari 2015 - 13:10 WIB

KABAR ARTIS : Hina Papua, Cita Citata Dilaporkan ke Komnas HAM

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cita Citata (Youtube.com)

Kabar artis Cita Citata berpolemik dengan warga Papua kian memanas. Cita dilaporkan ke Komnas HAM.

Solopos.com, JAKARTA – Pendangdut Cita Citata tersandung kasus. Karena tak berhati hati saat berucap, ia dinilai melecehkan warga Papua, bahkan somasi telah dilayangkan kepadanya. Seolah tak ingin masalahnya berlarut-larut, ia ingin meminta maaf bahkan sungkem kepada perwakilan masyarakat papua.

Advertisement

Diberitakan Detik, Seni (16/2/2015), Cita Citata dilaporkan ke Komnas HAM (Hak Asasi Manusia) oleh H. Deddy Djunaedi SH selaku kuasa hukum John Glube Gebze yang merupakan mantan Bupati Merauke. Laporan tersebut disampaikan Deddy dan timnya.

“Kami ingin melaporkan dan berdiskusi terkait masalah Cita Citata. Karena sudah disap melecehkan warga Papua,” kata Deddy seperti dilansir Selebrita di Trans7, Selasa (17/2/2015).

Soal laporan ini, Cita Citata mengatakan justru dirinya ingin bertemu secara langsung dengan warga Papua maupun perwakilan warga Papua. Ia akan menyampaikan permintaan maaf secara langsung atas apa yang dilakukannya.

Advertisement

“Cita maunya langsung karena mau minta maaf,” urai Cita.

Hingga kini masalah yang semakin melebar itu, belum juga terselesaikan. Pelantun Goyang Dumang tersebut juga tak menyangka kesalahpahaman ini membuat dirinya serba salah.

“Kaget juga sih, Cita nggak bermaksud seperti itu. Cita cinta budaya Indonesia, senang sekali dengan budaya Indonesia. Tapi karena pernyataan dan konotasinya memang beda. Ke depannya mungkin harus lebih hati-hati dan semua ada hikmahnya,” tandas Cita.

Advertisement

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, masalah ini bermula kala salah satu program infotainment memperlihatkan kesibukan Cita Citata di belakang panggung. Saat akan mengisi sebuah acara, Cita berdandan layaknya orang Papua. Baju yang digunakan pun dibuat mirip dengan baju adat Papua.

Ditilik Solopos.com dari video di Youtube, Minggu (15/2/2015),  seusai berdandan, tak sengaja ia mengatakan, “cantik masih tetap… harus dicantikin mukanya… Enggak kayak Papua, kan?”

Kata-kata itulah yang membuatnya mendapatkan masalah baru. Ia dinilai telah menghina masyarakat Papua. Seolah tersadar akan kesalahannya, dikabarkan artis ini langsung mengklarifikasi perkataannya. Di akun Instagram ia menjelaskan bahwa ia sama sekali tak bermaksud menghina etnis Papua.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif