News
Senin, 16 Februari 2015 - 14:55 WIB

HARGA BBM : Harga BBM Tak Berubah, Ini Alasan Pemerintah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi minyak (JIBI/Solopos/ Antara)

Harga BBM tidak berubah sampai akhir bulan Maret 2015.

Solopos.com, BOGOR – Harga bahan bakar minyak (BBM) tidak berubah sampai akhir bulan meskipun harga minyak mentah sudah mulai rebound.

Advertisement

“Nanti kita akan lihat lagi, ketentuannya adalah kemarin kita evaluasi ternyata perkembangan harga minyak dunia masih oke. Oleh sebab itu kita tidak perlu penyesuaian harga pada hari ini,” kata Menteri Perekonomian Sofyan Djalil di kompleks Istana Bogor, Senin (16/2/2015).

Sejak kenaikan harga BBM subsidi Oktober 2014, kata dia, pemerintah mendapat ruang fiskal dari penghematan subsidi antara Rp40 trilun hingga Rp60 triliun yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Secara keseluruhan, lanjut Sofyan, di satu pihak berkurangnya subsidi BBM tetapi di pihak lain pendapatan migas berkurang.

Advertisement

“Memang penghematan subsidi besar tapi karena turunnya harga minyak. Jadi kita di satu pihak mengimpor minyak untuk BBM, di pihak lain kita ekspor crude. Begitu crude turun pendapatan negara dari sisi penerimaan migas berkurang,” jelas dia.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Maret 2015 pada perdagangan pagi ini dibuka pada posisi US$52,75 per barel.

Sedangkan saat ditutup pada Kamis (12/2/2015), harga minyak mentah Brent untuk kontrak bulan yang sama juga menguat 4,37% atau bergerak ke posisi US$57,05.

Advertisement

Sofyan mengatakan jika harga minyak mentah sudah mulai rebound akan dilakukan penyesuaian harga BBM.

“Misalnya rebound Maret akan ada penyesuaian ke atas, tapi harganya masih begini-begini, jadi rata dilihat dan harga minyak dua minggu sebelumnya dan kurs,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif