Otomotif
Minggu, 15 Februari 2015 - 21:20 WIB

TIPS OTOMOTIF : Begini Cara Perawatan Mobil di Musim Hujan

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil dikepung air hujan dan banjir (JIBI/Solopos/dok)

Tips otomotif kali ini adalah cara untuk merawat mobil di musim hujan.

Solopos.com, SOLO – Selama musim hujan, para pemilik mobil sebaiknya melakukan sejumlah perawatan agar kendaraannya tidak bermasalah ketika melaju di jalan raya. Ada sejumlah langkah yang harus dilakukan pemilik mobil.

Advertisement

Dilansir dr-oto.com, belum lama ini, pemilik mobil sebaiknya melakukan perawatan eksterior, seperti menambahkan cairan pembersih kaca di tabung air wiper. Kemudian menyemprotkan cairan khusus untuk baut yang mudah atau rentan berkarat ketika terkena percikan air hujan, termasuk engsel pintu mobil.

Selalu memastikan tutup tabung minyak rem dalam kondisi baik dan presisi untuk menghindarkan minyak rem terkontaminasi air. Periksa karet-karet penutup pada lantai mobil untuk mencegah air masuk dari kolong kedalam kabin. Kemudian cuci mobil menggunakan sepon khusus dan shampo yang terbukti baik untuk cat mobil.

Senantiasa membersihkan filter udara dan pastikan filter dalam keadaan kering. Cek oli melalui oil stick pastikan oli tidak berwarna keruh keputihan karena hal itu menandakan oli terkontaminasi air.

Advertisement

Gunakan Fuel Additives STP Petrol Treatment setiap isi bensin untuk mencegah mesin brebet atau pincang akibat bensin terkontaminasi air sedangkan untuk Diesel yang berbahan bakar solar sebaiknya menggunakan STP Diesel Fuel Treatment.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif