Umum
Jumat, 13 Februari 2015 - 00:50 WIB

PENEMUAN BARU : Inilah Kamera Pemotret Manusia Pertama di Bulan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kamera Neil Amstrong (Petapixel)

Penemuan baru kamera pertama yang menangkap gambar Neil Amstrong saat mendarat di bulan. Kamera itu sekarang disimpan di Museum Nasional Udara dan Luar Angkasa sebagai benda bersejarah.

Solopos.com, SOLO – Kamera 16mm Data Acquisition akhirnya ditemukan. Kamera tersebut adalah kamera yang menangkap pendaratan manusia pertama di bulan pada 20 Juli 1969 lalu.

Advertisement

Kamera tersebut ditemukan oleh istri Neil Amstrong, Carol Amstrong, setelah menjelajah salah satu lemari Neil. Kamera tersebut ditemukan dalam sebuah tas bernama McDivitt Purse. Tas tersebut adalah tas penyimpanan sementara seorang astronot.

Beberapa bagian kamera untuk memotret Neil Amstrong saat di Bulan (Petapixel)

Seperti dilansir Petapixel, Selasa (10/2/2015), tas tersebut digunakan untuk menyimpan barang yang sementara tidak digunakan. Biasanya ketika kembali ke bumi tas tersebut akan dihancurkan.
Advertisement

Namun Neil memilih untuk menyimpannya sebagai kenangan pribadi, sebuah perilaku yang tidak biasa dilakukan astronot lainnya.

Carol kemudian menyerahkan kamera tersebut beserta tas McDivitt Purse ke Museum Nasional Udara dan Luar Angkasa. Pihak museum telah meneliti mengenai keotentikannya.

“Sejauh yang kami tahu, Neil tidak pernah membahas keberadaan barang-barang tersebut. Itu membuat tidak ada seorangpun yang tahu dalam 45 tahun terakhir sejak ia kembali dari Bulan,” kata kurator museum, Allan Needell.

Advertisement

Diketahui terdapat 12 kamera yang ditinggal di permukaan bulan. Sementara kamera 16mm Data Acquisition adalah kamera yang berhasil dibawa kembali ke bumi setelah mencatat sejarah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif