Otomotif
Jumat, 13 Februari 2015 - 11:00 WIB

MOBIL BEKAS : Ingin Beli Mobil Bekas? Simak 5 Tips Ini

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana Bursa Mobil Bekas Sriwedari (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos/ilustrasi)

Mobil bekas murah dengan kondisi baik memang menggiurkan untuk dimiliki meski tak mudah mencarinya.

Solopos.com, SOLO – Mobil bekas masih menjadi pilihan beberapa orang untuk memiliki kendaraan dengan harga lebih murah. Namun untuk mendapatkannya, pembeli wajib memiliki kejelian ekstra.

Advertisement

Pertimbangan finansial kerap menjadi alasan beberapa orang dalam membeli mobil bekas. Kualitas yang masih cukup baik dengan harga yang lebih murah bahkan masih bisa ditawar kerap menjadi alasan utama para pemburu mobil bekas.

Namun jika tak teliti mencari, bukan tak mungkin mobil bekas yang telah dibeli malah memakan biaya ektra karena harus masuk bengkel.

Advertisement

Namun jika tak teliti mencari, bukan tak mungkin mobil bekas yang telah dibeli malah memakan biaya ektra karena harus masuk bengkel.

Dikutip Solopos.com dari USNews, Kamis (12/2/2015), berikut ini adalah lima tips yang dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli mobil bekas:

1. Tetapkan mobil bekas pilihan Anda
Agar tak mengalami kebingungan, pertama-tama tentukan seperti apa mobil bekas yang Anda inginkan. Misalnya, berapa kapasitas penumpang yang dikehendaki atau fitur apa yang ingin didapatkan. Setelah menentukannya, carilah beberapa mobil yang masuk dalam kategori yang Anda inginkan.

Advertisement

2. Tentukan Bujet
Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, tetapkanlah berapa bujet yang Anda miliki. Langkah itu diperlukan untuk mempersempit pencarian mobil bekas yang tepat.

Setelah menemukan tempat-tempat yang menjual mobil bekas yang diincar, konsistenlah dengan dana yang Anda miliki. Perlu diperhatikan, anggaran yang Anda tetapkan bukan hanya dana untuk membeli mobil itu melainkan termasuk biaya servis dan perbaikan yang mungkin diperlukan.

3. Selidiki Riwayat Mobil
Hal penting lain yang tak boleh luput diperhatikan adalah mencari tahu riwayat mobil bekas incaran Anda. Misalnya, tanyakanlah apakah mobil itu pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Hal itu perlu dilakukan sebagai bahan pertimbangan untuk memprediksi potensi kerusakan yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang.

Advertisement

4. Lakukan Test-drive
Setelah memutuskan mobil bekas mana saja yang sesuai kategori dan telah Anda selidiki riwayatnya, lakukanlah test-drive untuk menjajal kebolehannya dalam berbagai kondisi jalanan. Jika dalam test-drive itu Anda menemui sesuatu yang janggal atau ternyata performanya tak memuaskan, jangan ragu untuk meninggalkannya dan mencari pilihan lain.

5. Masukkan ke Bengkel
Langkah terakhir sebelum memantapkan hati untuk memboyong mobil bekas pilihan Anda adalah membawanya ke bengkel tepercaya. Mintalah mekanik untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh baik pada mesin dan pada rangka.

Hal itu sangat penting sebab tak semua penjual mobil bekas memberitahukan kekurangan apa saja yang terdapat pada mobil yang ia jual. Tentu Anda tak ingin mengetahui kerusakan setelah transaksi jual beli selesai bukan?

Advertisement

Nah, selamat berburu mobil bekas!

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif