News
Kamis, 12 Februari 2015 - 11:40 WIB

SELEKSI OSN : Soal Geografi dan Fisika Bermasalah

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Seleksi OSN di Kota Jogja, utamanya mengenai soal Geografi dan fisika dikeluhkan peserta.

Harianjogja.com, JOGJA-Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kota bermasalah. Beberapa soal tidak menyertakan petunjuk yang jelas sehingga menimbulkan kesulitan saat proses pengerjaan. Ketidakjelasan soal ditemukan pada pelaksanaan OSN Kota Jogja di SMA Muhammadiyah 1, Rabu (11/2/2015).

Advertisement

Soal tidak jelas ditemukan pada mata pelajaran geografi dan fisika. Soal geografi nomor 58 tidak disertai dengan pertanyaan tetapi ada lima pilihan jawaban. Dalam soal itu terdapat tiga kotak yang masing-masing tertulis kelahiran 2 juta jiwa, kematian 400.000 jiwa dan total populasi 800.000 jiwa. Tanpa disertai petunjuk pertanyaan yang jelas, lima pilihan jawaban dari A sampai E terpampang di bawah kotak.

“Jadi ada poin diketahui, tapi tidak ada poin apa yang ditanyakan, tapi juga ada pilihan jawabannya. Kan aneh,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja, Suhartati, yang turut mengawasi jalannya OSN.

Sementara untuk soal fisika, dari tujuh soal esai yang diajukan, tiga soal juga dinilai rancu. Ada gambar yang salah dan tidak sesui dengan master soal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Advertisement

OSN di Kota Jogja diikuti 971 siswa kelas X dan XI dari 30 SMA/MA. Sembilan bidang mata pelajaran yang diajukan adalah matematika, fisika, kimia, biologi, informatika, ekonomi, astronomi, kebumian, dan geografi. Masing-masing mata pelajaran memiliki jenis soal serta waktu pengerjaan yang berbeda. Ada dalam bentuk pilihan ganda ada pula esai.

Masing-masing bidang mata pelajaran akan dipilih siswa dengan nilai tertinggi dan akan maju pada OSN tingkat provinsi Maret mendatang. Seleksi masih akan dilanjutkan hingga tingkat nasional yang jatuh pada Bulan Mei.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Sekolah Jogja Seleksi OSN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif