Sport
Rabu, 11 Februari 2015 - 03:30 WIB

KARIR PETENIS : Rafael Nadal Butuh Waktu Beradaptasi

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petenis Spanyol, Rafael Nadal saat laga melawan petenis Kroasia, Borna Coric di Swiss Indoors ATP, Basel, 24 Oktober 2014 silam. JIBI/Solopos/Reuters

Karir petenis nomor tiga dunia, Rafael Nadal, diperkirakan masih akan cemerlang di tahun ini. Oleh karenanya, Nadal teris mengembalikan kepercayaan dirinya.

Solopos.com, MALLORCA—Petenis nomor tiga dunia, Rafael Nadal, tengah mempersiapkan diri jelang sejumlah turnamen di Amerika Selatan, Rio Open 2015.

Advertisement

Turnamen ini adalah salah satu event favoritnya lantaran menggunakan lapangan tanah liat sebagai arenanya. Akan tetapi, Nadal mengaku butuh waktu beradaptasi dari lapangan keras ke tanah liat.

Ya, Nadal baru saja melakoni turnamen berlevel tinggi, Grand Slam Australian Open 2015 yang mengandalkan lapangan keras. Sayang, di Benua Kanguru ini perjuangannya hanya sampai di perempat final selepas tumbang di tangan petenis ranking ketujuh dunia, Tomas Berdych.

Kini ia akan kembali mengayunkan raket, tapi di lapangan tanah liat. Menurutnya, pergantian medan tempur ini tak mudah bagi para petenis. Termasuk Nadal yang bergelar King of Clay.

Advertisement

Di samping itu, kondisi setempat bakal sangat mempengaruhi permainan. Juara French Open 2014 ini berniat segera terbang ke Rio de Janiero mengingat tempatnya berlatih di Mallorca, Spanyol, begitu berangin.

“Beralih dari lapangan keras ke lapangan tanah liat selalu sulit. Saya mesti membiasakan diri bergerak seperti biasa ketika bermain di lapangan tanah liat. Tapi, kondisi di sini dingin dan berangin. Saya harus segera mungkin mengembalikan kepercayaan diri saya,” terangnya, dilansir tennisworldusa.com, Selasa (10/2).

Rio Open memang sangat istimewa bukan hanya karena lapangannya melainkan juga track record Nadal di kompetisi ini. Petenis kidal ini hadir sebagai juara bertahan dalam  ajang yang bakal digelar Senin (16/2).

Advertisement

Selepas itu ia akan bertandang ke Argentina Open 2015 di Buenos Aires untuk kali pertama sejak musim 2005 silam. Ia akan beradu keberuntungan melawan kompatriotnya, David Ferrer, yang merupakan juara bertahan sekaligus pemegang trofi juara tiga kali beruntun (2012, 2013, 2014).

Sementara itu, petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, baru akan kembali ke lapangan dengan mengikuti Dubai Tennis Championships 2014 pada Senin (23/2) mendatang. Setelah itu kemungkinan ia bakal berpartisipasi membela negaranya, Serbia, di ajang Davic Cup 2015 pada Maret sebelum terbang ke Indian Wells. (Farida Trisnaningtyas/JIBI)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif