Jatim
Senin, 9 Februari 2015 - 17:05 WIB

CITIZEN JOURNALISM : Wow, Puluhan Warga se-Kota Madiun Ini Bangkitkan 27 Blog Kelurahan

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Madiun menggelar pelatihan pembuatan blog di Unika Widya Mandala. (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

Citizen journalism atau akrab disebut media warga kini mulai bangkit di Kota Madiun. Perwakilan masyarakat se-Kota Madiun ramai-ramai mengikuti workshop pembuatan media blog berbasis masyarakat setempat itu.

Madiunpos. com, KOTA MADIUN – Sedikitnya 50-an warga mewakili 27 kelurahan di Kota Madiun, Jawa Timur, mengikuti training pembuatan media blog di Kampus Universitas Katolik (Unika) Widya Mandala, Kota Madiun, Senin (9/2/2015).

Advertisement

Acara yang digelar selama empat hari ke depan itu tak hanya mengajari mereka membikin blog, lebih dari itu mereka juga dilatih terampil menulis layaknya seorang reporter atau wartawan.

Kasubag Pemberitaan Humas Pemkot Madiun, Erna Purwitasari, menjelaskan acara yang dipelopori Kelompok Masyarakat Informasi (KIM) tersebut adalah gambaran bahwa warga pun sebenarnya memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk memajukan desa atau kelurahannya.

“Bayangkan, jika setiap desa mampu mengangkat keunggulan dan potensi desanya masing-masing melalui media, cita-cita untuk mengembangkan masyarakat akan cepat tercapai,” ujar Erna kepada Madiunpos.com di sela-sela kegiatan pelatihan.

Advertisement

Selama ini, kata perempuan kalem ini, masyarakat sebenarnya memiliki potensi dan produk unggulan yang sangat luar biasa. Sayang, potensi dan produk unggulan tersebut tak dikenal masyarakat luas karena tak memiliki strategi publikasi yang bagus.

“Melalui kegiatan inilah, kami menggantungkan harapan semoga pengembangan masyarakat Kota Madiun berjalan cepat dan dinamis,” ujarnya.

Pantauan Madiunpos.com, proses pelatihan pembuatan blog berjalan sangat aktif. Peserta dan pemateri saling melempar tanya, menjawab, dan langsung mempraktekkan di komputer masing-masing yang telah terkoneksi dengan jaringan internet.

Advertisement

“Target kita menggelar acara ini tak muluk-muluk, setidaknya masyarakat bisa menjadi pelopor utama penyampai informasi kepada masyarakat luas melaui media blog,” ujar salah satu pemateri pembuatan blog, Anang Setyo dari Kampus Unika Widya Mandala.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif