News
Sabtu, 7 Februari 2015 - 20:26 WIB

WISATA RELIGI SOLO : Mulai Senin Haul Habib Ali Digelar, Inilah Pengalihan Arus di Jl Kapten Mulyadi Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tamu dari berbagai penjuru berdatangan di Solo untuk mengikuti peringatan Haul Habib Ali pada 2012 lalu (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Wisata religi Solo salah satunya rangkaian acara Haul Habib Ali Al Habsyi. Haul tersebut dihadiri ribuan orang dari berbagai penjuru Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Haul Habib Ali Al Habsyi digelar Senin-Rabu (9-11/2/2015) di Pasar Kliwon Solo. Ratusan ribu orang dari penjuru Indonesia menghadiri kegiatan tahunan tersebut. Tak heran jika kegiatan ini juga berimbas pada geliat ekonomi Kota Solo. Haul Habib Ali oleh stakeholders pariwisata Kota Solo dijadikan sebagai wisata religi Kota Solo.

Advertisement

Sinergi Travel & Event Management
Graha Solo Raya Lantai I
Jl Slamet Riyadi No 1 Solo- Jateng
Telp +62-271) 5843678 – 2144388
HP 085 70268 6068 Fax +62 271 635936
www.solocitytravelguide.com
Email info@solocitytravelguide.com
marketing@solocitytravelguide.com

Tak hanya hotel, persewaan mobil hingga pusat oleh-oleh ikut kecipratan. Abdullah Bin Abdul Qadir Assegaf tahun lalu kepada Solopos.com menyebutkan perputaran uang selama pelaksanaan haul di Kota Solo bisa mencapai Rp150 miliar.

Advertisement

Tak hanya hotel, persewaan mobil hingga pusat oleh-oleh ikut kecipratan. Abdullah Bin Abdul Qadir Assegaf tahun lalu kepada Solopos.com menyebutkan perputaran uang selama pelaksanaan haul di Kota Solo bisa mencapai Rp150 miliar.

Pelaksanaan haul tahun ini, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo menutup akses Jl. Kapten Mulyadi Solo, Senin-Rabu (9-11/2/2015).

Penutupan akses jalan tersebut menyusul dilangsungkannya haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi atau haul Habib Ali di Masjid Ar Riyadh Pasar Kliwon yang jatuh tanggal 20 Rabiul Tsani atau Selasa (10/2).

Advertisement

Sedangkan, pengemudi angkutan berat dan bus besar yang akan melaju di Jl. Kapten Mulyadi diwajibkan berbelok arah mulai pertigaan Jl. Mayor Kusmanto ke arah Jl. Jendral Sudirman-Bundaran Gladak-contra flo alias melawan arus di Jl. Slamet Riyadi ke arah perempatan Nonongan.

“Kami akan memaksimalkan 80-an petugas untuk diturunkan ke jalan. Guna mengantisipasi kemacetan kendaraan, kami juga siapkan mobil derek,” kata Sri Baskoro, saat jumpa pers di kantor Dishubkominfo Kota Solo, Jumat (6/2/2015).

Sri Baskoro mengatakan setiap pengguna kendaraan dari arah selatan yang akan melintas ke Jl. Kapten Mulyadi mulai dialihkan ke arah Jl. Veteran.

Advertisement

“Penutupan jalan ini mulai berlangsung Senin (9/2) pukul 13.00 WIB hingga Rabu (11/2) pukul 10.00 WIB. Kami berharap, warga pengguna jalan atau kendaraan dapat memahaminya. Informasi dai panitia haul, acara puncak akan berlangsung Selasa (10/2),” katanya.

Disinggung tentang kantong parkir yang disediakan Dishubkomfinso Solo, Sri Baskoro sudah menyiapkan fasilitas tersebut bagi pengunjung haul.

Di antara kantong parkir yang sudah disiapkan, seperti di Vasterburg, kawasan Galabo, alun-alun utara, alun-alun kidul, dan beberapa lokasi lainnya di Pasar Kliwon.

Advertisement

“Saat acara nanti, kami dibantu dari aparat polisi, Linmas, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo. Semoga, masyarakat sudah memiliki perencanaan yang matang untuk menghindari lokasi kemacetan di Solo [terutama saat dilangsungkan haul],” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif