Lifestyle
Sabtu, 7 Februari 2015 - 04:45 WIB

TAHUN BARU IMLEK : The Sunan Siapkan Menu Khas Kuliner Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Chef Eko Edy mempraktekkan pembuatan Yee Sang yang merupakan salad dari 9 jenis sayuran, di Imperial Taste The Sunan Hotel Solo, Jumat (10/1). Yee Sang tersebut akan menjadi salah satu sajian pada perayaan Tahun Baru Imlek di Imperial Taste. (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Tahun Baru Imlek disambut Imperial Taste Modern Oriental Cuisine The Sunan Hotel Solo dengan menyiapkan 12 hidangan khas. Mau coba?

Solopos.com, SOLO — The Sunan Hotel Solo melalui Imperial Taste Modern Oriental Cuisine mengeluarkan hidangan spesial untuk menu menyambut Tahun Baru 2566 Imlek. Menu itu memuat yu shang dan 11 hidangan yang selama ini laksana menu wajib saat Tahun Baru Imlek bagi warga etnik Tionghoa.

Advertisement

Ke-11 hidangan yang selama ini dianggap masuk menu wajib malam Tahun Baru Imlek adalah mie, kue lapis legit, kue mangkok atau kue keranjang, manisan kolang kaling, kacang atau kwaci atau permen, ayam atau bebek, ikan, jeruk mandarin, lobak, telur ayam atau telur bebek atau telur ayam rebus, dan agar-agar berbentuk bintang.

Chinese Chef Imperial Taste Modern Oriental Cuisine, Eko Edi Priyanto, sebelum menyantap ke-11 hidangan tersebut biasanya warga etnik Tionghoa mengikuti prosesi khas malam Tahun Baru Imlek. “Seperti yu shang atau salad yang menggambarkan kehidupan lantaran perpaduan ikan mentah dan sayuran melambangkan rezeki dan kemakmuran. Sebelum memakannya pun harus ada prosesinya terlebih dahulu,” ujarnya kepada wartawan, Senin (26/1/2015).

Lebih lanjut Eko menuturkan ke-11 hidangan khas malam Tahun Baru Imlek juga mengandung makna yang berbeda. Seperti mie yang melambangkan panjang umur dan kemakmuran, ayam atau bebek sebagai simbol udara yang berarti menjunjung kejujuran tinggi serta kesetian. Begitu pula dengan menu makanan lainnya.

Advertisement

Public Relation Manager The Sunan Hotel solo, Retno Wulandari mengatakan ke-11 hidangan khas malam Tahun Baru Imlek ditambah yu sShang akan menjadi hidangan utama bagi para tamu pada malam Tahun Baru Imlek. Jamuan istimewa tersebut menurut dia bisa didapatkan dengan harga Rp220.000/nett untuk minimal pemesanan lima orang. Dengan menebus harga 11 hidangan itu, The Sunan memberikan yu shang secara gratis.

“Sebagai satu-satunya hotel di Solo yang memiliki chinese retoran, kami memberikan suguhan berbeda pada malam Tahun Baru Imlek,” tegas Retno.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif