Jatim
Sabtu, 7 Februari 2015 - 11:05 WIB

PARIWISATA BATU : Moncerkan Wisata di Mata Dunia, Batu Anggarkan Rp27,7 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)-03

Pariwisata Batu, Jawa Timur terus digenjot untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara. Inilah salah satu agendanya.

Madiunpos.com, BATU –Dana yang dikucurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 Pemkot Batu, Jawa Timur, untuk promosi program Batu “go international” lewat pos anggaran pariwisata internasional mencapai Rp27,7 miliar.

Advertisement

Menurut Ketua Bappeda Kota Batu, Mohammad Chori, Sabtu, karena bentuk programnya berupa promosi, diharapkan wisatawan mancanegara yang berkunjung Kota Batu juga meningkat secara signifikan dibanding tahun-tahun sebelum adanya program go international tersebut.

“Program go international ini bukan berarti menjadikan Kota Batu seperti di luar negeri, tetapi upaya untuk menarik wisatawan asing berkunjung ke Batu,” tegasnya, Sabtu (7/2/2015) seperti diberitakan Kantor Berita Antara.

Dengan anggaran sebesar itu, katanya, semua potensi yang ada di wilayah Kota Batu akan dipromosikan secara besar-besaran di luar negeri, tidak hanya potensi wisatanya saja, tetapi juga pertanian, peternakan, seni dan budaya, termasuk pemberdayaan budaya lokal yang harus dilestarikan dengan cara mementaskannya dalam setiap even atau acara yang ada di kota itu.

Advertisement

Ia mengemukakan saat ini sudah mulai bermunculan kegiatan promosi, bahkan sudah diagendakan dan akan diikuti Pemkot Batu, di antaranya pameran potensi produk pertanian dan pariwiasata di Republik Cekoslovakia pada Februari ini serta sejumlah pameran berskala internasional di Tiongkok pada Mei mendatang.

Chori mengakui sejumlah kegiatan promosi potensi Kota Batu di luar negeri tersebut merupakan program lanjutan tahun 2014. Pada tahun 2014, Pemkot Batu melakukan “road show” potensi di Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan anggaran sebesar Rp3,7 miliar.

Selain program go international, Pemkot Batu juga memiliki sejumlah program prioritas lainnya, seperti program pengentasan kemiskinan yang dianggarkan sebesar Rp25 miliar, pertanian organik, lingkungan hidup, penuntasan pendidikan, infrastruktur pendukung, serta persiapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Advertisement

Sementara Ketua Jurusan Pariwisata Perhotelan Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya (UB) Malang, Ahmad Faidlal Rahman menilai anggaran sebesar Rp27,7 miliar untuk promosi potensi Kota Batu tersebut masih belum mencukupi, apalagi pengembangan yang dibidik adalah pasar internasional dan wisatawa mancanegara.

Praktisi pariwisata itu juga menyarankan agar Pemkot Batu juga mengembangkan objek dan daya tarik wisata, meningkatkan kualitan pelayanan serta promosi. “Program promosi potensi, termasuk wisata Kota Batu ini k e depannya harus lebih baik dan mampu ‘menggetarkan’ wisatawan domestik maupun mancanegara,” tegasnya.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu 2013, dari sekitar 573.629 tamu yang menginap di berbagai hotel di Kota Batu, 11.298 diantaranya adalah wisatawan mancanegara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif