Entertainment
Sabtu, 7 Februari 2015 - 21:30 WIB

KING SULEIMAN ANTV : Catatan Sejarah: Prestasi Ibrahim Pasha di Kerajaan Ottoman

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Okan Yalabik memerankan Ibrahim Pasha (Youtube.com)

King Suleiman Antv yang tayang setiap hari dengan judul Abad Kejayaan, tidak sekadar serial yang menyimpan sejumlah romansa para pemainnya, namun juga prestasi nyata yang berhasil diraih dalam masa kejayaan Ottoman.

Solopos.com, SOLO – Ibrahim Pasha atau Pargali Ibrahim Pasha diangkat sebagai Wazir Agung atau perdana menteri, bukan semata karena menjadi sahabat Suleiman I, namun karena ia memiliki kemampuan dalam menyusun strategi peperangan. Sejumlah prestasi pun ia ukir untuk Kerajaan Ottoman selama 13 tahun kedudukannya.

Advertisement

Berikut Solopos.com himpun dari beberapa sumber terkait dengan kontribusi Ibrahim Pasha di masa kejayaan Ottoman, Sabtu (7/2/2015).

Pendidikan Ibrahim Pasha
Ibrahim Pasha mengenyam pendidikan di Pengadilan Ottoman. Ia menjadi polyglot, yaitu orang yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu bahasa  dan polymath, yaitu orang yang memiliki keahlian dalam berbagai bidang sekaligus.

Ibrahim Pasha menunjukkan keahliannya dalam berbagai pertemuan diplomatik dan kampanye militer. Keahlian Ibrahim Pasha tersebut, membuat ia sangat cepat naik pangkat, sehingga membuat Ibrahim Pasha memiliki banyak musuh di masa Kerajaan Ottoman.

Advertisement

Secara kepribadian, Ibrahim Pasha juga tercatat dalam sejarah sebagai orang yang sangat sopan dan setia. Karena kepribadiannya yang baik, Suleiman I sempat berjanji tidak akan pernah menghukum mati Ibrahim Pasha dalam keadaan apapun. Meski pada kenyataannya pada 1536 atau 1538, Ibrahim Pasha dijatuhi hukuman mati.

Prestasi Ibrahim Pasha
Dalam catatan sejarah Kerajaan Ottoman, Ibrahim Pasha mereformasi sistem administrasi provinsi di Mesir pada 1525. Dalam bidang diplomatik, Ibrahim Pasha membuat kesepakatan dengan para pemuka agama kristen. Latar belakang Ibrahim yang dulu pernah beragam kristen membuat ia tidak mengalami hambatan berarti saat menjalin kerjasama dengan Charles V untuk mengubah Hungaria menjadi negara kekuasaan Ottoman pada 1533.

Pada 1535, di tengah konflik Ibrahim Pasha dan Menteri Keuangan Ottoman, Iskender Celebi, ia berhasil  menyelesaikan perjanjian monumental dengan Francis I untuk memberi hak-hak istimewa dalam perdagangan. Perjanjian monumental tersebut menguntungkan Kekaisaran Ottoman dalam aksi melawan Habsburg.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif