Soloraya
Jumat, 6 Februari 2015 - 23:10 WIB

WADUK PIDEKSO WONOGIRI : Rumah Aspirasi Mulai Dibangun

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon lokasi Waduk Pidekso. (JIBI/Solopos/Dok)

Waduk Pidekso Wonogiri mulai dibangun rumah Aspirasi untuk menampung masukan dan aspirasi warga.

Solopos.com, WONOGIRI — Rumah aspirasi untuk menampung masukan dan aspirasi warga terkait proyek Waduk Pidekso di Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri mulai dibangun. Rumah aspirasi itu didirikan di tanah kas Desa Pidekso seluas 50 meter x 95 meter.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (6/2/2015), lahan persawahan kas desa di Dusun Langkeyan itu tengah diuruk dan diratakan menggunakan alat berat sejak beberapa hari lalu. Saat ini, aktivitas persiapan penggalian perdana atau groundbreaking waduk tersebut dikonsentrasikan di lokasi rumah aspirasi.

Para pekerja dan alat berat berada di lokasi pembangunan rumah aspirasi. Sebaliknya, aktivitas proyek di lokasi groundbreaking sudah dihentikan. Tidak ada lagi pekerja yang membangun tangga dan gorong-gorong.

Advertisement

Para pekerja dan alat berat berada di lokasi pembangunan rumah aspirasi. Sebaliknya, aktivitas proyek di lokasi groundbreaking sudah dihentikan. Tidak ada lagi pekerja yang membangun tangga dan gorong-gorong.

Sekretaris Desa Pidekso, Dwiyanto, mengatakan persiapan di lokasi groundbreaking telah rampung. Hanya tenda untuk tamu undangan yang belum didirikan.

Saat ini, para pekerja fokus menggarap proyek di rumah aspirasi. “Lahan persawahan sudah diratakan, sekarang mulai dipadatkan. Para pekerja dan alat berat stand by di lokasi pembangunan rumah aspirasi,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat (6/2/2015)

Advertisement

Selain untuk menampung aspirasi dan masukan warga yang terdampak pembangunan Waduk Pidekso, rumah aspirasi itu juga menjadi kantor pelaksana proyek maupun tim appraisal yang membuat taksiran nilai ganti rugi tanah warga yang terkena proyek waduk.

“Lokasi rumah aspirasi terletak di tengah-tengah tiga desa yang terdampak pembangunan waduk. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau warga,” terang dia.

Ditanya mengenai perbaikan jalan menuju lokasi groundbreaking yang rusak parah, Dwiyanto menjelaskan sejumlah petugas mengukur jalan tersebut beberapa hari lalu. Rencananya, jalan itu akan diperbaiki karena banyak lubang dan bergelombang.

Advertisement

Ditemui terpisah, pejabat pembuat komitmen (PPK) untuk bidang konstruksi Waduk Pidekso dari BBWSBS, Ali Rahmat, belum dapat memberi keterangan ihwal waktu pelaksanaan groundbreaking Waduk Pidekso. Menurut Ali, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) masih berkoordinasi dengan Sekretariat Negara (Setneg) untuk memastikan jadwal kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami menunggu instruksi dari Kementerian [PU] lantaran pembangunan Waduk Pidekso merupakan proyek besar yang dibiayai APBN. Hingga sekarang, belum ada kepastian waktu pelaksanaan groundbreaking,” kata dia.

Seperti diketahui, Waduk Pidekso dibangun di tiga desa yakni Desa Pidekso dan Tukulrejo (Kecamatan Giriwoyo) dan Desa Sendangsari (Kecamatan Batuwarno). Sesuai kontrak antara Kementerian PU dengan pemenang lelang, yakni PT Pembangunan Perumahan (Persero), waduk itu akan dikerjakan dalam waktu empat tahun (2015-2018).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif