Teknologi
Rabu, 4 Februari 2015 - 14:10 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Paranormal Italia Buat Alat Pelacak Hantu

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ghost Ark (theraider.net)

Teknologi terbaru Ghost Ark diciptakan paranormal asal Italia untuk melacak keberadaan hantu.

Solopos.com, ROMA – Teknologi canggih dirancang seorang pemburu hantu asal Italia, Massimo Rossi. Alat yang diberi nama Ghost Ark ini adalah alat deteksi hantu dengan perangkat seukuran saku celana.

Advertisement

Rossi menjelaskan idenya merancang alat pendeteksi hantu ini. Menurutnya seorang paranormal sejauh ini lebih seperti penjelajah ketimbang ilmuwan.

“Mereka mengunjungi wilayah yang tidak dikenal untuk dijelajahi, yang dapat berisi berjuta tanaman dan hewan eksotis,” kata Rossi kepada Dailymail, Rabu (4/2/2015).

Rossi juga mengatakan paranormal sangat jarang mendasari temuan-temuannya dengan dasar ilmiah yang kuat. “Saya harus mengatakan bahwa penelitian paranormal tidak didasarkan pada dasar yang kuat,” pungkasnya.

Advertisement

Alat bernama Ghost Ark ini dilengkapi fitur canggih bernama Ghost Box. Fitur tersebut diklaim mampu mendeteksi berbagai frekuensi radio dan merekam kejadian aneh.

Rossi mengatakan Ghost Ark dilengkapi dengan fitur electronic voice phenomena (EVP) yang dapat melacak frekuensi kebisingan.

Selain itu ada pula fitur perekam electro magnetic field (EMF) yang menampilkan frekuensi pada layar LED. Ditambah fitur thermometer scan untuk melacak suhu panas dan dingin pada ruangan tertentu.

Advertisement

Pengukuran ini dikenal secara luas oleh komunitas paranormal sebagai tanda-tanda kekuatan supranatural, tetapi para ilmuwan sebelumnya telah mendiskreditkan klaim tersebut.

Secara khusus, paranormal menggunakan EVP sebagai bukti adanya hantu atau “roh dunia lain”. Hal ini masuk ke dalam kategori suara yang tidak dapat dijelaskan dengan logis.

EVP sendiri dikenal sebagai instrumental transcommunication (ITC), mengacu pada suara yang ditangkap menggunakan gadget berteknologi tinggi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif