Jogja
Rabu, 4 Februari 2015 - 07:40 WIB

STOK DARAH PMI : PMI Gunungkidul Pastikan Stok Darah Aman

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengambil darah (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Stok darah di PMI Gunungkidul dipastikan aman dalam tiga hari ke depan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul memastikan stok darah di Gunungkidul  aman, meski kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) melonjak.

Advertisement

Diperkirakan stok tersebut mencukupi untuk keperluan darah tiga hari ke depan.

Petugas PMI Gunungkidul Wawan Yulianto menegaskan, meski jumlah stok darah terbatas tidak membuat petugas PMI Khawatir. Jumlah pendonor yang ada dianggap cukup untuk kebutuhan darah.

“Mungkin dari sisi ketersediaan hanya bertahan selama dua hari. Tapi, jumlah tersebut akan berubah seiring terus bertambahnya jumlah pendonor,” kata Wawan kepada wartawan, Selasa (3/2/2015).

Advertisement

Dia menjelaskan, selama ini PMI bekerjasama dengan beberapa instansi maupun komunitas untuk rutin menggelar kegiatan donor darah. Untuk antisipasi, petugas juga menyediakan mobil unit donor darah, yang sewaktu-waktu bisa dikirimkan untuk melayani pelayanan donor darah.

“Kalau memang ada warga atau komunitas yang ingin melakukan kegiatan donor, kami siap menerjunkan unit mobil donor darah untuk pelayanan,” papar dia.

Dia mengakui, hingga saat ini permintaan darah di PMI belum ada lonjakan signifikan. Tercatat, sejak ada peningkatan penderita DBD pada bulan Januari, petugas baru melayani permintaan dua kantong trombosit. “Masih aman, dan kalau ada kebutuhan darah sewaktu-waktu kami siap memberikan,” tegas dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif