Soloraya
Senin, 2 Februari 2015 - 00:10 WIB

WADUK PIDEKSO WONOGIRI : Groundbreaking Tetap Tunggu Presiden

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon lokasi Waduk Pidekso. (JIBI/Solopos/Dok)

Waduk Pidekso Wonogiri yang akan dilakukan groundbreaking rupanya masih menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo.

Solopos.com, WONOGIRI — Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menyatakan tetap menunggu kesediaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri penggalian perdana atau groundbreaking Waduk Pidekso di Giriwoyo, Wonogiri.

Advertisement

BBWSBS belum dapat memastikan kapan penggalian perdana Waduk Pidekso Wonogiri itu dilakukan. Pejabat pembuat komitmen (PPK) dari BBWSBS untuk bidang kontruksi pembangunan Waduk Pidekso, Ali Rahmat, mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) masih berkoordinasi dengan Sekretariat Negara (Setneg) untuk memastikan jadwal kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Giriwoyo.

Dia memperkirakan groundbreaking Waduk Pidekso Wonogiri dilaksanakan berbarengan dengan groundbreaking Waduk Logung di Kabupaten Kudus. “Groundbreaking Waduk Logung juga ditunda lantaran masih menunggu kepastian jadwal Pak Presiden [Jokowi]. Sedianya groundbreaking Waduk Logung dilaksanakan akhir Januari, sama seperti Waduk Pidekso,” kata Ali, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (1/2/2015).

Sebagaimana diinformasikan, groundbreaking Waduk Pidekso dijadwalkan akhir Januari 2015. Namun, hingga awal Februari 2015 ini, groundbreaking belum terlaksana.

Advertisement

Sementara itu, persiapan groundbreaking Waduk Pidekso sudah hampir rampung. Pelaksana proyek tinggal memperbaiki jalan sepanjang enam kilometer (km) menuju lokasi di Dusun Cantel, Desa Pidekso. Jalan tersebut rusak parah, banyak lubang, dan bergelombang.

Pengerjaan tangga dan gorong-gorong di lokasi groundbreaking telah rampung beberapa hari lalu. Sejumlah umbul-umbul juga telah dipasang di sekitar lokasi groundbreaking. Menurut Ali, jalan menuju lokasi groundbreaking segera diperbaiki. Perbaikan itu butuh waktu karena banyaknya lubang jalan dan aspal jalan rusak parah.

Ali juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri ihwal perbaikan jalan tersebut. “Jalan menuju lokasi groundbreaking tetap akan diperbaiki. Dalam waktu dekat, kami berkoordinasi kembali dengan Pak Bupati [Danar Rahmanto],” ujar dia.

Advertisement

Di sisi lain, Kepala Desa Pidekso, Sutiman, mengatakan persiapan groundbreaking hampir kelar. Beberapa unit tenda akan dipasang di lokasi groundbreaking. Tenda itu untuk menampung para tamu undangan, termasuk Presiden Jokowi.

Namun, pemasangan tenda masih menunggu kepastian waktu pelaksanaan groundbreaking waduk. “Nanti di sekitar lokasi groundbreaking yang berdekatan dengan sungai ada dua unit tenda. Di sekitar tangga juga akan dibangun tenda,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu (1/2/2015).

Menurut Sutiman, jalan menuju lokasi groundbreaking masih rusak parah dan harus diperbaiki demi kenyamanan para tamu yang akan menghadiri acara groundbreaking Waduk Pidekso Wonogiri. “Saat hujan lebat, lubang jalan tergenang air. Hal itu sudah lama dikeluhkan warga,” jelas dia. 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif