Sport
Minggu, 1 Februari 2015 - 09:36 WIB

PIALA AFRIKA 2015 : Ekuatorial Guinea & Republik Demokratik Kongo ke Semifinal

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Ekuatorial Guinea Javier Balboa dan kawan-kawan berselebrasi. JIBI/Rtr/Amr Abdallah Dalsh

Piala Afrika 2015 memasuki fase semifinal. Dua tim non unggulan,
Ekuatorial Guinea & Republik Demokratik Kongo Tembus Semifinal, sukses tembus ke semifinal.

Solopos.com, BATA — Dua tim yang semula tak terlalu diunggulkan Ekuatorial Guinea dan Republik Demokratik Kongo sukses melaju ke semifinal Piala Afrika 2015.

Advertisement

Ekuatorial Guinea bertemu Tunisia di babak perempatfinal yang dihelat di Estadio de Bata, Minggu (1/2/2015) dinihari WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Tunisia yang memecah kebuntuan lebih dulu lewat gol Ahmed Akaichi di menit ke-70. Seperti dilansir detiksport, Tunisia lah yang semula terlihat akan melaju ke babak empat besar sebelum penalti Javier Balboa di menit ke-90 memaksa laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama extra time tepatnya di menit ke-102, Balboa mencetak gol kedua yang membuat Ekuatorial Guinea berbalik unggul 2-1 dan skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Advertisement

Kemenangan Ekuatorial Guinea disebut BBC berbau kontroversial karena penalti Balboa seharusnya tidak terjadi, karena Ali Maaloul tidak melanggar Ivan Bolado di kotak terlarang.

Beberapa jam sebelum duel tersebut, berlangsung juga laga perempatfinal pertama antara Kongo kontra Republik Demoktratik Kongo. Kedua tim juga bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Tensi laga baru meningkat di babak kedua ketika Kongo memimpin 2-0 lebih dulu lewat gol-gol Ferebory Dore di menit ke-55 dan Thievy Bifouma di menit ke-66.

Advertisement

Namun, RD Kongo mampu bangkit dan malah berbalik unggul 4-2 lewat dua gol Dieumerci Mbokani di menit ke-65 dan ke-91, lalu Jeremy Bokila di menit ke-75 dan Joel Kimwaki di menit ke-81.

RD Kongo akan menantang pemenang antara Pantai Gading dan Aljazair, sementara tuan rumah Ekuatorial Guinea menunggu Ghana atau Guinea. (JIBI/SOLOPOS)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif