Soloraya
Minggu, 1 Februari 2015 - 06:00 WIB

IMLEK 2015 : Solo Imlek Festival Ditiadakan, Ini Agenda Panitia Imlek Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panitia imlek memberikan keterangan kepada media dalam sesi jumpa pers peringatan Imlek 2015 di Gedung Himpunan FuQing, Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Sabtu (31/1/2015). (M Ismail/JIBI/Solopos)

Imlek 2015 tak lama lagi. Khusus tahun ini, Solo Imlek Festival Ditidakan

Solopos.com, SOLO — Panitia peringatan tahun baru Tiongkok (Imlek) meniadakan kegiatan Solo Imlek Festival (SIF). Musibah longsor di Banjarnegara, jatuhnya pesawat Airasia, dan terbakarnya Pasar Klewer menjadi alasan panitia Imlek.

Advertisement

Sekretaris Panitia Imlek, Lilik Saputro, mengatakan ada perbedaan menonjol dalam peringatan Imlek tahun ini. Perbedaan itu, kata dia, tidak diselengarakannya Solo Imlek Festival (SIF).

“Penghapusan acara itu sebagai bentuk rasa keprihatinan kami banyaknya bencana yang terjadi di awal tahun 2015,” ujar Lilik dalam jumpa pers peringatan imlek 2566 di Gedung Himpunan FuQing, Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Sabtu (31/1/2015).

Lilik mengatakan ada enam organisasi yang terlibat dalam peringatan Imlek. Enam organisasi itu yakni Fuqing Solo Indonesia (FSI), Hou Hap, Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Persodaraan Haka Surakarta (Perhakkas), Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKI), dan Perhimpunan Warga Guangzhao Surakarta (Perwagas).

Advertisement

“Untuk tahun baru imlek nanti shio-nya adalah Kambing Kayu. Arti dari shio itu yakni merumpun, berkelompok, tidak tidak bertarung dan pelembut,” kata dia.

Untuk kegiatan imlek, kata dia, ada sekitar sembilan agenda. Salah satu agenda tersebut diantaranya adalah bersih-bersih dan menanam pohon obat tradisional Jawa di sepanjang Sungai Pepe pada Minggu (1/2), pemasangan jaring sampah di Sungai Pepe, kampanye bebas sampah di Car Free Day (CFD).

“Untuk kegiatan Grebeg Sudiro digelar pada tangga 15 Februari. Pada malam tanggal 19 Fabruari akan diadakan pesta kembang api dan pelepasan lampion di Balai Kota Solo,” kata dia.

Advertisement

Sementara itu, Wakil Ketua PMS, Sumartono Hadinoto, menambahkan kegiatan bersih-bersih Sungai Pepe merupakan bagian dari pantia Imlek mendukung program wisata air yang digagas Pemkot Solo.

Agenda Pantia Imlek Solo:
Bersih-bersih dan tanam pohon obat di sepanjang Sungai Pepe (1 Februari)
Pamsangan jaring sampah Sungai Pepe (1 Februari)
Kampanye bebas sampah di CFD Solo (15 Februari)
Grebeg Sudiro (15 Februari)
Perayaan Imlek bersama Pemkot Solo (5 Maret)
Pemasangan lampion dan gapura Imlek di Pasar Gede
Pemasangan Lampion 12 shio dan neon bok 12 shio di Jl. Jenderal Sudirman (Jensud)
Pelepasan lampion dan pesta kembang api pukul 00.000 WIB (19 Februari)
Loma foto dan artikel imlek
Sumber: Panitia Imlek

Yamaha Vixion (yamaha-motor.co.id)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif