Lifestyle
Sabtu, 31 Januari 2015 - 06:40 WIB

PENEMUAN BARU : Kepala Botak? Atasi dengan Transplantasi Sel Induk

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kepala botak karena rambut rontok (Detik.com/Putro Agus Harnowo)

Penemuan baru ini terkait dengan metode transplantasi rambut.

Solopos.com, CALIFORNIA – Kepala botak karena kerontokan rambut yang berlebihan bisa membuat ketidaknyamanan. Terkait dengan itu, ada sebuah penelitian yang menunjukkan metode transplantasi rambut dengan menggunakan sel induk manusia sebagai penemuan baru untuk mengatasi kebotakan.

Advertisement

Dilansir Mirror, Rabu (28/1/2015), peneliti di Medical Research Institute  Stanford Burnham, California, Amerika Serikat, menunjukkan penemuan teknik baru untuk menumbuhkan rambut. Para peneliti tersebut melakukan percobaan pada tikus.

Sel-sel induk manusia ditransplantasi di laboratorium. Tikus yang menjadi media percobaan ditransplantasi dengan sel-sel induk manusia tersebut. Dalam jangka waktu tertentu, tikus tersebut mulai ditumbuhi rambut manusia.

Penemuan baru tersebut lantas disimpulkan oleh para peneliti, bahwa transplantasi sel induk manusia lebih efektif daripada teknik transplantasi rambut konevensional.

Advertisement

Pada transplantasi rambut konvensional, mengandalkan potongan rambut dari kulit kepala orang lain, kemudian mengeluarkan folikel rambut, yaitu kantung kecil tempat akar rambut.

Sementara, pada penemuan baru, materi transplantasi yang digunakan adalah sel induk. Sel induk tersebut lantas disemai di laboratorium terlebih dahulu. Setelah persemaian sel induk rambut berhasil, baru dipindahkan ke kulit kepala yang botak.

“Metode sel induk ini memerlukan sumber sel pasien untuk transplantasi dan tidak dibatasi oleh ketersediaan folikel rambut,” jelas Alexey Terskihk.

Advertisement

Sel induk yang disemai akan dikembangkan sampai 100 sel. Khusus untuk rambut, digunakan sel kulit papila. Sel kulit papila adalah sekelompok sel yang bekerja sama membentuk rambut. Menurut para ahli, sel kulit papila ini akan membuat pertumbuhan rambut menjadi kuat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif