Jateng
Sabtu, 31 Januari 2015 - 07:50 WIB

APEL BERBAKTERI : GP Ansor Jateng Minta Pemda Segera Ambil Tindakan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Apel berbakteri di Temanggung kian meresahkan. Pimpinan Wilayah GP Ansor Jateng meminta Pemerintah Daerah segera ambil tindakan mencegah masuknya apel dari Amerika Serikat dan Prancis itu  

 

Advertisement

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG– Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah meminta pemerintah daerah segera mengambil langkah antisipasi atas peredaran buah apel asal Amerika Serikat di pasaran yang diduga mengandung bakteri berbahaya bagi manusia.

“Sebelum berkembang menjadi wabah penyakit, sebaiknya pemerintah segera memberikan penyuluhan kepada masyarakat luas,” kata Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Yami Blumut seperti dikutip Antara, Jumat (30/1/2015).

Buah apel yang diduga mengandung bakteri Listeria monocytogenes tersebut, yakni apel royal gala dan apel granny smith produksi Bidart Bros.

Advertisement

Yami Blumut mengatakan buah impor harus mengikuti prosedur ketat sebelum sampai pada distributor dan berakhir di tingkat konsumen.

Ia menuturkan sehubungan masih banyak buah apel yang beredar bebas di masyarakat, pemerintah daerah melalui instansi terkait diharapkan segera melakukan inspeksi dan penyuluhan kepada pedagang agar tidak menjual apel yang mengandung bakteri tersebut.

“Bila perlu harus dimusnahkan agar tidak menjalar menjadi wabah penyakit yang tidak menutup kemungkinan menjadi endemi di Jawa Tengah dan bahkan di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Advertisement

Ia meminta Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan yang terjadi, termasuk memberikan penjelasan kepada masyarakat melalui petugas Puskesmas.

“Petugas puskemas yang tersebar luas melalui posyandu agar memberikan penyuluhan terhadap bahaya mengkonsumsi apel yang mengandung bakteri tersebut,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif