News
Jumat, 30 Januari 2015 - 16:45 WIB

Daftar Kampus Terbaik Se-Indonesia versi Webometrics

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Rektorat UNS (JIBI/Solopos/R Bambang Aris Sasangka)

10 kampus terbaik se-Indonesia masih menempatkan UGM, UI dan ITB di tiga teratas.

Solopos.com, SOLO – Kemunculan Caltech mengalahkan Universitas Harvard dan Oxford sebagai universitas terbaik sedunia terbilang cukup mengejutkan. Caltech dianggap unggul lantaran mendapatkan lebih banyak penghargaan.

Advertisement

Caltech menjadi jawara sekolah tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education dalam data yang dirilis Kamis (29/1/2015). Sedangkan untuk versi Webometrics, nama Caltech bahkan tak masuk sepuluh besar.

Metodologi Webometrics memang jauh berbeda dengan Caltech. Pemeringkatan Webometrics berdasarkan pengakses internet di universitas terkait.

Dalam penghitungan Webometrics, sekolah tinggi asal Indonesia berhasil menembus 500 besar. Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi satu-satunya Universitas yang berhasil masuk daftar 500 itu.

Advertisement

UGM masuk dalam daftar kampus terbaik sejagat nomor urut 414. Meski di posisi ratusan namun kampus ini tetap dapat acungan jempol sebab mampu mengalahkan jutaan tempat pendidikan di negara lain yang tidak masuk daftar ratusan ini.

Di posisi kedua dalam daftar kedua untuk universitas asal Indonesia, Universitas Indonesia (UI) berhasil merangsek. UI menduduki peringkat ke 532 sejagat menyusul kemudian Istitut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 622 dan Institut Pertainan Bogor (IPB) di peringkat 813.

Sedangkan sekolah tinggi asal Solo, Universitas Sebelas Maret (UNS), berada di peringkat delapan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif