News
Jumat, 30 Januari 2015 - 17:30 WIB

BUDI GUNAWAN TERSANGKA : Nasib BG Dibahas Jokowi dan DPR Senin Depan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komjen Pol. Budi Gunawan seusai fit and proper test calon kapolri, Rabu (14/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/M. Agung Rajasa)

Budi Gunawan, tersangka kasus dugaan gratifikasi dan kepemilikan rekening mencurigakan, segera ditentukan nasibnya sebagai calon Kapolri.

Solopos.com, JAKARTA — Pimpinan DPR akan mengadakan rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas polemik calon kapolri.

Advertisement

Ketua DPR, Setya Novanto, mengatakan rapat konsultasi itu rencananya diagendakan pada Senin (2/2/2015). Hal ini menyusul pengajuan calon tunggal Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan, yang menuai polemik setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkannya sebagai tersangka.

Rapat konsultasi dengan pimpinan DPR yang seluruhnya berasal dari Koalisi Merah Purtih (KMP) itu digelar setelah Presiden Jokowi bertemu Prabowo Subianto. Kedua tokoh yang bersaing dalam Pilpres 2014 itu bertemu pada Kamis (29/1/2015) di Istana Bogor.

Meski demikian, Setnov, sapaan akrab Setya Novanto, menolak mengakui jika rapat konsultasi itu membahas adanya kemungkinan calon kapolri baru. “Sampai sekarang belum ada nama calon kapolri baru. Kami belum terima.”

Advertisement

Menanggapi mangkirnya Budi Gunawan dari panggilan penyidik KPK, Setnov enggan banyak berkomentar. “Mungkin Budi punya alasan untuk tidak hadir. Nanti coba saya cek ke Komisi III,” katanya.

Sementara itu, Razman Arif Nasution, pengacara Budi Gunawan, bergerak cepat menanggapi rencana pengajuan calon Kapolri baru itu. Razman datang ke Komisi III DPR dengan membawa tiga kardus berisi berkas yang menyatakan kliennya tidak bersalah. “Ini data-data terkait dengan tuduhan Budi,” kata Razman.

Atas kedatangannya ke DPR, Razman menolak jika dianggap membawa kasus hukum Budi ke ranah politik. “Ini murni constitutional complain. Kami hanya tidak ingin ada benturan-benturan,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif